Kenali Penyakit Diare, Cara Menyembuhkan, Mengobati, dan Mencegah Penyakit Diare

0
1173

Cara Mengobati Penyakit Diare Secara Alami

Selain mengobati penyakit diare secara medis, banyak juga yang mencoba dan merasa cocok dengan pengobatan secara alami. Yah, cara mengobati diare secara alami, kerap menjadi pilihan, terutama jika gejalanya tidak terlalu parah dan menyerang orang dewasa.

Lalu bagaimana mengobati penyakit diare secara alami? Berikut beberapa alternatif yang bisa menjadi pilihan:

Pertama, daun jambu biji muda. Bisa juga pucuk daunnya yang masih berwrna hijau muda agak krem, ambil beberapa pucuk, panaskan dengan air secukupnya, dan minumkan pada penderita.

Kedua, dengan menggunakan daun kapuk. Caranya, daun kapuk ditumbuk halus, kemudian dicampur dengan air lalu diperas. Hasil perasan itulah yang kemudian diminum. Daun kapuk diyakini sejak lama mampu mengobati dan menyembuhkan penyakit diare karena kandungan hidrat arangnya.

Ketiga, dengan menggunakan daun singkong. Caranya rebus beberapa lembar daun singkong yang masih muda dengan menggunakan satu liter air. Setelah direbus sehingga menyiskan kisaran segelas air, angkat lalu dinginkan. Settelah dingin, silahkan dikonsumsi, pagi dan malam sesudah makan.

Cara Mencegah Penyakit Diare

penyakit diarePenyakit diare sebenarnya bisa dicegah sejak dini, dengan memperbaiki pola hidup dan menjaga kebersihan di sekitar kita. Berikut cara menghindari diare yang wajib kita ketahui;

  1. Biasakan mencuci tangan sebelum makan, karena melalui tangan virus paling mudah masuk ke dalam perut dan menyerang usus.
  2. Menghindari makanan dan minuman yang tidak diyakini kebersihannya. Untuk cara mencegah penyakit diare ini, dokter menyarankan agar menjauhi makan jadi, makanan dan minuman paketan karena rentan mengandung zat formalin
  3. Jangan mengonsumi makanan setengah matang
  4. Usahakan mengonsumsi makanan dari bahan yang masih segar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here