Mengetahui Penyakit dan Sebabnya, Cara Menyembuhkan, dan Cara Mengobati Barbagai Penyakit | Ilmiah, Alami, dan Tradisional

Cara Menyembuhkan Penyakit Tipes, Kedokteran dan Alami

Cara Menyembuhkan Penyakit Tipes, Kedokteran dan Alami

Apa itu penyakit Tipes dan bagaimana cara menyembuhkan penyakit Tipes. Penyakit Tipes berbeda dengan penyakit Tifus ya… gejalanya sama, demam tinggi jika terinfeksi. Namun bakterinya beda. Penyakit Tipes berasal dari infeksi bakteri Salmonella Typhi pada usus. Sedangkan, penyakit Tifus berasal dari infeksi bakteri Rickettsia typhi atau R. prowazekii yang bisa saja berasal dari kutu atau tungau pada tikus. Penyakit Tipes sering menyerang anak-anak, bahkan bayi. Dan tak jarang pula Penyakit Tipes menyerang orang dewasa.

Penyebab Penyakit Tipes

Penyakit Tipes disebabkan oleh bakteri Salmonella Typhi yang bisa menyebar bisa melalui makanan, air, atau ditularkan dari orang yang terinfeksi. Bakteri penyakit ini berada dalam air dan menyerang melalui makanan yang terkontaminasi dengan feses sebelumnya.

Tak jarang penyakit Tipes menular melalui kontak langsung dari penderita yang sudah terinfeksi. Misalnya, mereka yang daya tahan tubuhnya menurun lalu mengonsumsi makanan yang pernah berada di tangani oleh orang yang sedang penyakit Tipes, akan rentan tertular.

Oleh sebab itu, penyakit Tipes akan sangat mudah menyerang anak-anak yang sistem kekebalan dan daya tahan tubuhnya menurun, apalagi anak yang sering makan sembarangan dan diambil dari sumber yang tidak jelas.

Setelah bakteri Salmonella Typhi penyebab penyakit Tipes masuk ke dalam tubuh, lalu bakteri akan masuk ke dalam aliran darah yang dibawa sel darah putih ke hati, limpa, dan sumsum tulang dan berkembang biak. Saat itulah, orang yang terinfeksi bakteri ini akan mengalami gejala demam.

Tak hanya sampai di situ, bakteri Salmonella Typhi penyebab penyakit Tipes juga akan masuk ke dalam kantong empedu, saluran empedu, dan jaringan limfatik usus.

Seorang yang terinfeksi bakteri penyakit Tipes tak selamanya dianggap menderita penyakit Tipes. Penyakit ini akan dianggap sebagai penyakit jika satu sampai dua minggu bakteri masuk ke dalam aliran darah manusia. Sebelumnya, hanya akan dianggap gejala penyakit Tipes.

Orang yang terinfeksi bakteri Salmonella Typhi penyakit Tipes akan mengalami gejala umum seperti: demam sampai 40°C, ruam atau bintik-bintik merah pada kulit, sakit kepala, kehilangan nafsu makan, nyeri pada tulang, sembelit, sakit perut, muntah, lemah. Gejala ini umum bagi anak-anak yang terinfeksi bakteri penyebab penyakit Tipes.

Cara menyembuhkan penyakit Tipes menurut ilmu kedokteran

Jika penderita penyakit Tipes dibawa kedokter, biasanya dokter akan memberikan obat sesuai kadar penyakitnya. Jadi tidak mesti sama. Karena kadar penyakit Tipes juga berbeda-beda, maka otomatis penanganannya juga berbeda. Penderita penyakit Tipes mungkin dianjurkan dirawat di rumah sakit dan menginap. Sisi lain, hanya diberikan obat saja.

Jika pasien penyakit Tipes belum begitu parah, biasanya akan diberi antibiotik yang diperlukan, seperti; Chloramphenicol, Ciprofloxacin, Ceftriaxone (biasanya diberikan jika pasien sedang hamil), Ampisilin, dan trimethoprim-sulfamethoxazole.

Cara menyembuhkan penyakit Tipes secara alami dan murah

Pertama, minum air putih yang banyak. Tujuannya untuk menangkal dehidrasi akibat suhu tubuh yang meningkat. Selain itu, manfaat air putih akan menjadi bahan sirkulasi cairan yang telah terkontaminasi bakteri penyakit Tipes itu.

Kedua, mengonsumsi bawang putih. Bawang putih sebagai cara menyembuhkan penyakit Tipes memiliki banyak khasiat buat kesehatan, karena bawang putih bisa membantu meningkatkan daya tahan tubuh.

Kandungan-kandungan dalam bawang putih yang salah satunya antioksidan bekerja sebagai pembersih darah kalau dijadikan asupan. Dengan kata lain, bawang putih membantu kerja ginjal dalam menyingkirkan zat-zat yang gak diinginkan tubuh.

Ketiga, meminum air rebusan kemangi.

Daun kemangi merupakan tumbuhan yang membantu proses penyembuhan penyakit tipes. Seperti halnya bawang putih daun kemangi bisa membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Selain itu, daun kemangi juga mampu menormalisir suhu tubuh. Cara mengobati penyakti Tipes dengan daun kemangi adalah dengan meminum air rebusannya.

Rebus daun kemangi dengan air yang sudah mendidih sebelumnya. Jangan terlalu lama, sehingga kandungan daun kemangi tidak hilang. Lalu minumkan pada pasien penderita penyakit Tipes.

Pencegahan Penyakit Tipes

Karena penyakit Tipes adalah penyakit yang disebabkan oleh bakteri Salmonella Typhi, maka pencegahanya adalah bagaimana agar bakteri itu tak sampai masuk ke dalam tubuh. Untuk itu, hal yang paling penting Anda lakukan untuk mencegah tipes adalah dengan menjaga kebersihan.

Beberapa hal yang penting dilakukan dalam rangka mencegah penyakit Tipes, seperti; cuci tangan sebelum makan atau setelah dari toilet, hindari jajanan yang tidak diyakini kebersihannya, pilih tempat yang terjamin kebersihannya, berhati-hati terhadap makanan yang berasal dari orang lain.

Nah, demikian sedikit mengenai penyakit Tipes dan cara menyembuhkan penyakit Tipes secara ilmu kedokteran dan alami. Semoga bermanfaat.

 

Komentar
Loading...