Categories
News

Virus Corona: Pemerintah akan Produksi 16 Ribu APD per Hari

Jakarta – Pemerintah Indonesia menegaskan akan menjamin keselamatan tenaga medis dalam menangani pasien Covid-19. Jaminan itu salah satunya adalah memenuhi kebutuhan Alat Pelindung Diri (APD).

Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Achmad Yurianto menjelaskan, komitmen ketersediaan itu akan diwujudkan dari target pemerintah yang ingin memproduksi APD sebanyak 16.000 per harinya.

“Kami menargetkan bahwa produksi ini bisa dikejar sampai dengan 16 ribu APD per hari. Ini adalah upaya keras kami sehingga diharapkan seluruh petugas kesehatan di seluruh pelosok tanah air bisa bekerja dengan tenang, bisa bekerja dengan rasa aman,” kata Yurianto dalam konfrensi pers melalui akun YouTube BNPB, Rabu, 15 April 2020.

Dalam produksi pelindung diri, Pemerintah menggandeng Asosiasi Pertekstilan Indonesia dengan bahan baku dari dalam negeri, dengan jenis polyster? Yurianto menekankan, APD yang nantinya diproduksi itu telah lolos tes uji Balai Besar Tekstil Kementerian Perindustrian dan diakui standarnya oleh Badan Kesehatan Dunia (WHO).

“Ini sudah bisa dilaksanakan berkat dukungan dari Asosiasi Pertekstilan Indonesia yang sudah lolos tes pada uji di Balai Besar Tekstil Kemenperin dan diakui standarnya oleh Badan Kesehatan Dunia,” ujar Yurianto.

Oleh sebab itu, Yuri memastikan bahwa APD yang dihasilkan menurut Yurianto sesuai dengan standar kesehatan atau medical grade. (viva)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *