Categories
News

Ini Penjelasan WHO soal Obat Kumur, Sinar Matahari, dan Bawang Putih Terkait Virus Corona

Di tengah pandemi Covid-19, banyak informasi bermunculan mengenai cara melindungi diri dari serangan virus corona. Namun sayang, beberapa informasi tanpa sumber yang jelas ikut mencuat hingga membingungkan dan meresahkan masyarakat.

Untuk mereda kebimbangan tersebut, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pun turun tangan memberikan pencerharan seputar virus corona.

Dalam laman resminya, WHO tampak mengklarifikasi beberapa informasi yang sempat beredar di masyarakat, termasuk es krim, obat kumur, sinar matahari, dan bawang putih.

Berikut faktanya:

1. Obat kumur

WHO mengungkap, belum ada bukti bahwa menggunakan obat kumur akan melindungi seseorag dari infeksi virus corona baru penyebab Covid-19.

Beberapa merek obat kumur memang dapat menghilakan beberapa jenis mikroba tertentu pada air liur di mulut seseorang selama beberapa menit.

Tapi, hal itu dak berarti obat kumur dapat melindungi seseorang tersebut dari infeksi Covid-19. Baca juga: Cuci Tangan Pakai Air Dingin atau Air Hangat, Mana yang Lebih Baik?

2. Sinar matahari

WHO menyatakan, tidak ada bukti spesifik yang menjelaskan sinar matahari membunuh virus corona baru. Selain itu, WHO menjelaskan berdasarkan bukti-bukti, virus corona baru sejauh ini dapat menyebar di semua daerah, bahkan yang beriklim panas maupun lembab sekalipun.

Jadi, apa pun iklimnya, siapa saja diminta untuk tetap ikuti beberapa tindakan pencegahan jika tinggal atau akan berkunjung ke daerah yang telah melaporkan kejadian wabah Covid-19.

Cara terbaik untuk melindungi diri dari serangan Covid-19 adalah dengan mencuci tangan secara berakala guna menghilangkan virus di tangan dan hindari menyentuh mata, mulut, dan hidung agar terhindar dari infeksi.

3. Bawang putih

WHO sepakat jika bawang putih adalah salah satu bahan makanan sehat yang mungkin memiliki beberapa unsur antimikroba. Tapi, hingga kini belum ada bukti bahwa mengonsumsi bawang putih dapat melindungi seseorang dari virus corona baru.

4. Es krim

WHO juga mengonfirmasi terkait adanya pertanyaan soal makan makanan beku dan es krim apakah bisa menyebabkan seseorang bisa terinfeksi virus corona atau tidak?

Mengenai hal itu, WHO menyatakan tidak ada bukti spesifik yang menjelaskan baha makan makanan beku dan es krim yang diolah secara higienis dapat menyebabkan seseorang terinfeksi virus corona baru. (Kompas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *