Sakit Maag, Penyebab, dan Cara Menyembuhkan Sakit Maag yang Ampuh

Sakit maag, penyakit yang sangat familiar, menimpa terutama kepada oang yang super sibuk sehingga lupa makan. Kenapa sih sakit maag selalu dihubungkan dengan makanan? Iya karena sakit maag adalah kondisi dimana terjadi peradangan akut pada lambung bagian dalam. Peradangan dengan waktu yang cukup lama, membuat lambung bagian dalam terkikis sehingga menyebabkan luka. Luka pada lambung itulah yang sakit, dan disebut sakit maag. Salah satu yang bisa menyebabkan radang pada lambung adalah pencernaan yang tidak normal termasuk makan yang tidak teratur.

Sebenarnya sakit maag tidak termasuk penyakit yang berbahaya kecuali untuk tiga kondisi berikut ini, yaitu: 1) jika radang yang terjadi sudah parah dan menghambat laju makanan yang masuk; 2) terjadi robek pada lambung yang cukup parah; 3) terjadi pendarahan di bagian lambung yang terluka.

Tiga hal yang terkait sakit maag tadi sudah masuk dalam kategori darurat medis dan harus segera ditangani secara optimal oleh ahlinya. Olehnya itu, saat merasakan gejala penyakit maag segera periksakan ke dokter. Terlebih lagi jika maag yang sudah dibarengi dengan mual dan muntah

(baca: cara mengobati mual dan muntah dengan cepat).

Gambar ilustrasi penyakti maag yang menyerang lambung

Gambar ilustrasi penyakti maag yang menyerang lambung

Penyebab Sakit Maag

“Saya terkena sakit maag, karena saya jarang makan”. Benarkah demikian? Perlu dipahami, penyebab utama sakit maag ada dua, yakni bakteri helicobacter pylori (H. pylori), dan penggunaan obat anti inflamasi non steroid (OAINS), seperti aspirin secara rutin dan dalam jangka waktu yang lama.

Nah bakteri H. pylori kerap muncul jika asam lambung meningkat. Asam lambung meningkat karena pola makan yang tidak teratur. Bakteri inilah yang kemudian mengiritasi dan menyebabkan munculnya luka pada lambung atau usus bagian atas.

(baca: cara menyembuhkan masuk angin saat hamil)

Lanjut, cara menyembuhkan sakit maag

1 2
Sakit Maag, Penyebab, dan Cara Menyembuhkan Sakit Maag yang Ampuh. Post by: dr Lin | 4.5
Tags:, , , ,

Categories: Perut

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *