Penyakit Usus Buntu, Gejala, Penyebab, dan Cara Menyembuhkan Penyakit Usus Buntu Secara Alami dan Kedokteran

Penyakit usus buntu adalah istilah yang dilekatkan pada kondisi pembengkakan dan peradangan yang terjadi pada usus buntu. Dalam ilmu biologi, usus buntu diistilahkan dengan apendisitis, yaitu organ tubuh yang berukuran 5-10 cm. Bentuknya seperti tabung kecil dan tipis. Usus buntu berfungsi sebagai penghubung ke usus besar. Usus besar sendiri adalah bagian tubuh yang memeroses tinja dari makanan yang masuk. Artinya, jika usus buntu bermasalah, maka akan mempengaruhi proses tinja keluar dari dalam tubuh.

Umumnya, penyakit usus buntu menyerang anak muda usia 10-20 tahun. Akan tetapi penyakit ini tidak boleh disepelekan, karena bisa juga menyerang semua umur. Jika suatu hari ada keanehan pada perut, misalnya saja perut sakit, buang air besar tidak normal atau tidak terjadi selama satu hari, maka segera periksakan ke dokter. Dikawatirkan hal itu adalah penyakit usus buntu.

Gejala Penyakit Usus Buntu

Ada beberapa tanda seseorang terkena penyakit usus buntu. Tanda ini sifatnya umum, maksudnya ada juga orang tertentu menderita penyakit usus buntu tanpa merasakan gejala ini. Jika sakit pada perut bagian tengah, menusuk dan datang silih berganti, kemudian sakit itu berpindah ke bagian usus buntu, yaitu perut kanan bawah, rasa sakit kian bertambah seiring berjalannya waktu, maka ada kemungkinan itu adalah gejala penyakit usus buntu.

(baca: Penyebab, dan Cara Mengobati E Coli)

Intensitas rasa sakit akan terasa bertambah jika ada aktifitas yang melibatkan pergerakan pada perut. Misalnya penderita terbatuk, terantuk, berjalan, rasa sakit akan lebih terasa. Selain itu, ada pula gejala lain yang mengiringi gejala umum tadi, seperti:

  1. Penderita akan kehilangan nafsu makan.
  2. Terjadi pembengkakan pada perut
  3. Penderita tidak bisa buang gas (kentut)
  4. Penderita merasa mual dan muntah
  5. Suhu badan panas dan demam, dan;
  6. Penderita mengalami kram perut.

Gejala-gejala yang identik dengan penyakit usus buntu biasanya hanya ditemukan pada sebagian penderita dan cenderung mirip dengan penyakit lain sehingga sulit didiagnosis. Selain itu, letak usus buntu pada tiap orang yang bisa berbeda-beda juga dapat mempersulit proses diagnosis. Ada yang terletak di bagian lain, misalnya pada panggul di belakang usus besar atau di belakang hati.

Gambar letak usus buntu

Gambar letak usus buntu

Penyebab Penyakit Usus Buntu

Apa penyebab penyakit usus buntu? Mengetahui penyebab, akan memudahkan kita untuk menghindari penyakit ini. Dalam ilmu kedokteran, penyakit usus buntu disebut disebabkan tersumbatnya tinja yang berupa kelenjar getah bening yang membengka di dinding usus pada pintu masuk ke usus buntu.

Karena penyebab utama penyakit usus buntu adalah tersumbatnya pintu masuk ke usus buntu, maka penyebab utamanya didominasi oleh makanan yang sulit larut dan hancur dalam tubuh, seperti biji cabai, biji terong, biji jambu. Olehnya itu, berhati hatilah makan makanan yang mengandung biji bijian yang susah dicerna oleh usus.

(baca juga: cara menyembuhkan sakit maag)

1 2
Penyakit Usus Buntu, Gejala, Penyebab, dan Cara Menyembuhkan Penyakit Usus Buntu Secara Alami dan Kedokteran. Post by: dr Lin | 4.5
Tags:, , , , ,

Categories: Perut

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *