Penyakit Radang Usus, Gejala, Penyebab, Cara Menyembuhkan ala Dokter dan Secara Alami

Penyakit yang paling berbahaya dan kerap muncul terkait sistem pencernaan adalah penyakit radang usus. Sesuai dengan namanya, penyakit radang usus adalah peradangan yang terjadi pada sistem pencernaan dalam hal ini adalah usus. Sebenarnya, jika sistem kekebalan tubuh dalam kondisi normal mampu menjaga kestabilan usus. Namun jika sistem itu sudah tidak mampu lagi, disitulah kerap terjadi sistem pencernaan yang tidak sehat dan menyebabkan penyakit radang usus.

(baca juga: cara menyembuhkan penyalit usus buntu)

Penyakit radang usus, terbagi menjadi dua bagian besar. Pertama, penyakit radang usus yang terbatas pada usus besar. Ini biasanya disbut dengan ulseratif. Kedua, adalah peradangan pada semua sistem pencernaan dari mulut hingga anus, yang biasa diistilahkan dengan Crhon.

Penyakit radang usus tidak hanya menimbulkan bahaya dari penyakit itu sendiri, tapi juga bisa berimplikasi dan memiliki komplikasi terhadap yang lain, seperti komplikasi dari penyakit radang usus Chorn; munculnya tukak pada sistem pencernaan, terbentuknya lubang pada salah satu sistem pencernaan atau fistula, menjadi sebab menebalnya dinding usus sehingga makanan tidak bisa dicerna karena saluran yang menjadi sempit, kanker colon, serta luka robek pada diding anus.

(baca: cara menyembuhkan penyakit wasir)

Sedangkan komplikasi yang mungkin terjadi pada penyakit radang usus ulseratif adalah: muncul lubang pada usus besar, pendarahan dalam, dehidrasi, munculnya radang pada kulit, mata dan persendian, risiko terkena kanker kolon yang besar, serta risiko penggumpalan darah meningkat.

Gejala Penyakit Radang Usus

Kesulitan penderita mendefinisikan penyakit radang usus yang menimpa, dikarenakan gejalanya yang berlangsung pada jangka waktu yang panjang. Penderita tidak bisa langsung mengklaim bahwa yang menimpanya adalah penyakit radang usus, karena gejala itu muncul menghilang. Terkadang dirasakan lalu hilang seperti normal sediakala.

Selain itu, gejala penyakit radang usus yang muncul pada tiap penderita bisa berbeda. Ditambah lagi, jangka waktunya yang lama. Gejala juga dirasakan bisa parah dan bisa juga dianggap biasa saja. Namun penting untuk diketahui beberapa gejala penyakit radang usus secara umum, yaitu:

  1. Penderita sering merasakan nyeri atau sakit pada bagian perut
  2. Terjadinya penurunan berat badan secara tiba tiba
  3. Nafsu makan berkurang
  4. Terjadi diare bercampur darah dan bersifat musiman
  5. Penderita akan merasa cepat lelah

    Gamabr ringkas peradangan pada usus

    Gamabr ringkas peradangan pada usus

Penyebab Penyakit Radang Usus

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, bahwa penyakit radang usus umumnya karena sistem kekebalan tubuh yang merusak pertahanan pada sistem pencernaan. Dengan demikian, faktor makanan dan pola makan menjadi penyebab utama penyakit radang usus ini.

Ilmu kedokteran belum menemukan penyebab pasti dari penyakit ini. Hanya saja, faktor yang terkait kekebalan tubuh yang mengganggu berasal dari beberapa hal. Pola makan seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, stress, rokok (perokok), dan pengaruh konsumsi obat obatan.

1 2
Penyakit Radang Usus, Gejala, Penyebab, Cara Menyembuhkan ala Dokter dan Secara Alami. Post by: dr Lin | 4.5
Tags:, , , , ,

Categories: Perut

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *