Mual dan Muntah, Penyebab, dan Cara Mengobati Mual dan Muntah

Cara Mengobati Mual dan Muntah

Saat dokter memberikan pertolongan pada penderita mual dan muntah. Biasanya obat yang diberikan adalah larutan penambah cairan tubuh atau oralit untuk menghindari dehidrasi, menyarankan memperbanyak minum air putih.

Untuk mual dan muntah yang terkait penyakit kanker, konsultasilah dengan baik kepada dokter. Dokter akan mendiagnosa secara menyeluruh sebelum menentukan obat yang akan diberikan.

Penderita mual dan muntah sangat disarankan untuk mengonsumsi makanan yang mudah dicerna, dilarang berbaring sesudah makan, dan makan saat tidak mual.

(baca juga: keluar flek saat hamil muda)

Cara Menyembuhkan Mual dan Muntah Secara Alami

Karena mual dan muntah adalah gejala medis, maka cara menyembuhkannya secara alami sangat direkomendasikan. Selain bebas dari risiko efek samping, cara menyembuhkan mual dan muntah secara alami juga bisa berbarengan dengan pengobatan dokter. Berikut caranya:

Pertama, ambil jahe secukupnya. Parut dan peras sehingga mengeluarkan air yang banyak. Minum air perasan jahe tersebut saat mual tidak datang. Jahe diyakini sangat ampuh mengatasi mual dan muntah, karena di dalamnya mengandung flavoida, polifenol, dan minyak asiri.

Kedua, seduh teh panas tanpa gula, dan letakkan serai di dalamnya, sampai kandungan serai larut dalam teh panas tadi. Kemudian minum saat tidak mual. Serai mengandung geraniol, citronnelal, eugenol-metil eter, kadinol, dipenten, eugenol, limonen dan sitral. Salah satu khasiatnya adalah mengurangi rasa mual.

Ketiga, Seduh daun jeruk dan daun pandan, gabung menjadi satu. Hasil seduhan ambil satu gelas, kemudian tambahkan gula merah atau madu saat akan diminum. Minum saat tidak mual. Daun jeruk dan daun pandan mengandung aromatik yang bermanfaat untuk mengurangi rasa mual.

Apapun yang dirasakan akan mudah diatasi jika kita mengenal gejala dan penyebabnya. Yuk belajar tentang berbagai macam penyakit. Berkelilinglah di web ini.

1 2
Mual dan Muntah, Penyebab, dan Cara Mengobati Mual dan Muntah. Post by: dr Lin | 4.5
Tags:, , , , ,

Categories: Perut

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *