Mual dan Muntah, Penyebab, dan Cara Mengobati Mual dan Muntah

Mual didefinisikan sebagai perasaan tidak nyaman pada bagian perut, dan perasaan ini muncul biasanya sebelum muntah. Mual dan muntah kerap muncul hampir bersamaan. Namun, tak usah kawatir, mual dan muntah bukanlah penyakit yang dianggap sangat berbahaya.

Mual dan muntah tidak dikategorikan sebagai penyakit, tapi lebih kepada gejala penyakit saja. Maksudnya, ada penyakit yang gejalanya mual dan muntah. Banyak yang beranggapan mual dan muntah bahkan sesuatu yang menguntungkan karena merupakan bagian dari proses pembuangan sesuatu yang tidak cocok pada pencernaan.

Meski mual dan muntah tergolong gejala medis, namun ada muntah yang sangat berbahaya dan masuk dalam kondisi darurat, yaitu;

  1. Jika terdapat darah dalam cairan yang dimuntahkan. Baik berwarna merah ataupun berwarna abu abu seperti kopi.
  2. Jika cairan yang dimuntahkan berwarna hijau. Warna hijau itu adalah cairan empedu. Jika cairan empedu keluar, dianggap memasuki tahab berbahaya
  3. Jika muntah berbarengan dengan sakit kepala dan tengkuk menjadi tegang
  4. Jika mual dan muntah yang berbarengan dengan sakit pada bagian dada
  5. Jika mual dan muntah bersamaan dengan sakit perut yang amat parah
  6. Jika saat muntah bersamaat dengan denyut jantung yang cepat. Ini adalah tanda penyakit jantung
  7. Jika saat mual dan muntah, penderita kehilangan kesadaran dan seperti orang linglung
  8. Jika mual dan muntah berulang kali selama sehari penuh. Ini bisa menyebabkan dehidrasi

Penyebab Terjadinya Mual dan Muntah

Berbicara tentang penyebab terjadinya mual dan muntah secara umum, itu tidak lepas dari bakteri dalam perut. Bakteri itu disebut gastroenteritis. Meski demikian ada pula mual dan muntah, bukan karena sebab bakteri gastroenteritis, misalnya mual dan muntah pada ibu hamil.mual

(baca: makanan ibu hamil 4 bulan)

Selain itu, penyebab mual dan muntah bisa juga berasal dari obat obatan yang tidak cocok dengan sistem pencernaan seseorang. Sehingga pencernaan terganggu dan mengakibatkan mual dan muntah.

Masih banyak penyebab mual dan muntah yang bersifat khusus, di antaranya; keracunan makanan, peradangan pada usus buntu (baca: cara mengobati penyakit usus buntu secara alami), mabuk perjalanan, over makanan, berlebihan dalam mengonsumsi minuman keras, reaksi negatif terhadap aroma yang tidak disukai, benturan pada kepala yang mengakibatkan geger otak, serangan jantung mendadak, dan penyakit asam lambung.

Khusus pada anak anak, penyebab terjadinya mual dan muntah, biasanya karena keracunan makanan, infeksi bakteri dan virus tertentu, mabuk saat dalam perjalanan, batuk yang disertai dahak, serta sistem pencernaan yang tidak normal.

Ada satu mual dan muntah yang terjadi pada anak yang tergolong berbahaya, yakni saat anak menderita penyakit diare (baca: cara menyembuhkan penyakit diare). Anak yang menderita penyakit diare parah, berpotensi mengalami dehidrasi tinggi sehingga menyebabkan mual dan muntah.

1 2
Mual dan Muntah, Penyebab, dan Cara Mengobati Mual dan Muntah. Post by: dr Lin | 4.5
Tags:, , , , ,

Categories: Perut

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *