Takut Sakit Pinggang? Ini Tips Atasi Pinggang Sakit Saat Hamil

Pinggang sakit saat hamil merupakan keluhan yang sering kali dialami oleh kebanyakan orang hamil. Nyeri pinggang ini bisanya dirasakan ketika kehamilan memasuki usia tua. Perlu kita ketahui bahwa pinggang sakit saat hamil disebabkan oleh pembesaran rahim dan perut yang akan mengakibatkan peregangan pada otot-otot tubuh.

Bagi anda yang sedang hamil dan mengalami pinggang sakit saat hamil, anda tidak perlu khawatir.Rasa sakit yang pada pinggang selama hamil bisa dicegah bahkan diatasi.

Tips atasi Pinggang sakit saat hamil

1. Sikap Berdiri Dengan Tegak

Upayakan untuk selalu menjaga sikap berdiri dengan tegak di setiap aktivitas yang anda lakukan.Usahakan punggung lurus dan sejajar dengan bahu.Hindari membungkukkan badan atau melengkungkan tubuh condong ke belakang.

2. Duduk Bersandar

Bila anda duduk, usahakan punggung bersandar pada sandaran kursi dan kedua kaki tidak menggantung atau menapak pada tanah.

3. Jangan Berdiri Terlalu Lama

Hindari untuk berdiri terlalu lama. Berdiri secara terus menerus selama 6 jam akan membuat pinggang anda nyeri atau sakit.

4. Perbaiki Posisi Duduk

Jika pekerjaan anda lebih sering dilakukan dengan duduk, maka jangan lupa untuk selalu memperbaiki posisi duduk selang beberapa saat.Bila perlu, ganjal bagian punggung anda dengan menggunakan bantal untuk mendapatkan posisi duduk yang sempurna.

5. Senam Ringan

Di saat jam istirahat kantor, lakukanlah senam ringan untuk relaksasi pada bagian punggung atau bagian tubuh yang lain. Mulailah dari relaksasi otot-otot leher, kemudian baru punggung dan dilanjutkan dengan pinggang.Lakukan relaksasi dengan menarik nafas dalam-dalam dan panjang kemudian hembuskan perlahan-lahan melalui mulut.

6. Hindari Membungkuk

Bila anda melakukan gerakan yang mengharuskan tubuh untuk membungkuk, contohnya mengambil barang di lantai. Maka cara yang paling aman anda lakukan untuk menghindari nyeri pinggang adalah dengan berjongkok. Mulailah dengan berdiri tegak kemudian tekuk kedua lutut dan jongkok. Pada saat anda akan berdiri, maka lakukanlah dengan berhati-hati agar keseimbangan tubuh tetap terjaga.

7. Perbaiki Posisi Tidur

Posisi terbaik saat anda tidur adalah dengan posisi miring ke arah kiri maupun ke arah kanan.Posisi miring saat tidur ini bertujuan untuk memperlancar peredaran darah pada janin dari ibu.Ganjal kedua lutuk dengan menggunakan bantal tipis.

PINGGANG SAKIT SAAT HAMIL

8. Mandi Air Hangat

Pinggang sakit saat hamil bisa diatasi dengan cara mandi air hangat atau berendam menggunakan air hangat yang telah dibubuhi sedikit garam. Lakukan juga pemijatan ringan pada daerah pinggang dan kemudian dilanjutkan sampai ke tulang belakang punggung dengan arah gerakan melingkar.Hal terpenting yang harus diperhatikan adalah suhu air yang digunakan untuk mandi.Jangan gunakan air dengan suhu yang terlalu tinggi untuk mandi selama anda hamil.

Jika pinggang sakit saat hamil terjadi pada bagian tulang ekor atau mempunyai riwayat sakit pinggang, maka sebaiknya konsultasikan ke dokter kandungan.

Takut Sakit Pinggang? Ini Tips Atasi Pinggang Sakit Saat Hamil. Post by: dr Lin | 4.5
Tags:, ,

Categories: Kehamilan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *