Anda atau Isteri Anda Sulit Hami? Inilah 6 Penyebab Sulit Hamil

Salah satu faktor penyebab sulit hamil adalah adanya gangguan kesuburan baik pada wanita maupun pria. Gangguan kesuburan itu sendiri bisa disebabkan oleh faktor gaya hidup yang kurang sehat. Penyebab sulit hamil pada wanita yang sering menjadi masalah adalah ovulasi.Dimana pelepasan sel telur yang matang berjalan menuju tuba folapi untuk kemudian dibuahi.Tanda yang paling umum dijumpai sebagian besar wanita ketika sulit untuk hamil adalah siklus haid yang tidak teratur.

Bukan hanya wanita saja yang mengalami gangguan kesuburan.Pria juga berpotensi mengalami gangguan kesuburan yang menjadi penyebab sulit hamil.Faktor dari pria yang menjadi penyebab sulit hamil adalah kualitas sperma yang dihasilkannya. Kualitas sperma yang dihasilkan pria ditentukan oleh gaya hidupnya.

Penyebab Sulit Hamil yang Pertama: Menopause Dini

Menopause dini bisa disebakan oleh radiasi yang akan memicu kekebalan dalam tubuh. Menopause adalah keadaan dimana fungsi ovarium dan datang bulan tidak lagi terjadi atau berhenti.

Penyebab Sulit Hamil yang Kedua: Alergi Pada Sperma

Wanita yang mengalami alergi pada sperma harus segera mendapatkan paternal leukocyte immunization. Wanita yang alergi pada sperma akan memproduksi hormon antisperma, sehingga spema yang masuk ke dalam rahim akan dilawan dan tidak bisa menghasilkan pembuahan pada sel telur.

Penyebab Sulit Hamil yang Ketiga: Kerusakan Pada Saluran Telur (Tuba)

Kesuburan pada wanita juga dipengaruhi oleh adanya penyumbatan pada jaringan perut sehingga saluran tuba mengalami peradangan.

Penyebab Sulit Hamil yang Keempat: Sindrom Ovarium Polikistik (PCOS)

PCOS adalah kondisi dimana terjadinya produksi hormon androgen yang menyebabkan terjadinya gangguan kesuburan pada wanita. PCOS akan mempengaruhi ovulasi dan siklus menstruasi.

Penyebab Sulit Hamil yang Kelima: Menunda Kehamilan Terlalu Lama

Demi mengajar karir, wanita rela menunda kehamilannya. Padahal wanita yang telak memasuki usia 30 sampai 40 tahun akan lebih sulit untuk hamil. Jumlah produksi sel telur pada wanita dipengaruhi oleh usia. Semakin tua umur wanita, semakin turunlah kualitas sel telur yang dihasilkannya.

PENYEBAB SULIT HAMIL

Penyebab Sulit Hamil yang Kelima: Jumlah Sperma Sedikit

Masalah sulit hamil juga bisa tergantung dari suami. Suami yang memiliki jumlah sperma sedikit akan menjadi salah satu faktor penyebab sulit hamil. Sperma yang dibutuhkan untuk dapat membuahi sel telur adalah lebih dari 20 juta per mililiter jumlah air mani. (baca: tips berhubungan saat hamil)

Penyebab Sulit Hamil yang Keenam: Terlalu Kurus atau Terlalu Gemuk

Orang yang terlalu kurus cenderung lebih susah hamil. Kurangnya lemah dalam tubuh bisa memperlambat produksi hormon-hormon estrogen yang fungsinya untuk mempercepat ovulasi.Masalah obesitas atau terlalu gemuk juga menjadi pemicu sulit hamil. Lemak yang terlalu banyak akan menyebabkan kelebihan produksi hormon estrogen. Yang menyebabkan ovulasi menjadi tidak teratur. Pria yang terlalu gemuk akan memperlambat gerak sperma dan jumlahnya sedikit. (baca: cara mengobati sakit pinggang saat hamil)

Hal di atas merupakan penyebab sulit hamil.Jika pasangan suami istri memiliki masalah seperti di atas, segera kunjungi dokter untuk mendapatkan solusi yang tepat.

Anda atau Isteri Anda Sulit Hami? Inilah 6 Penyebab Sulit Hamil. Post by: dr Lin | 4.5
Tags:, ,

Categories: Kehamilan

4 Comments
  1. 3 years ago
    aditya

    Good informasi

    Reply
    • 3 years ago
      dr Lin

      Makasih 🙂

      Reply
  2. 2 years ago
    dian

    kalau sering melakukan aktivitas berat berpengaruh nggak dok? misalnya sering bersepeda atau pekerjaan yg menuntut kerja lapangan.

    Reply
    • 2 years ago
      dr Lin

      Berpengaruh, bekerjalah sesuai kemampuan dasar 🙂

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *