Cara Mencegah Keluar Flek Saat Hamil Muda

Keluar flek saat hamil muda tidak bisa dianggap sepele.Pendarahan ringan ini menunjukkan adanya gangguan pada kandungan anda.Flak saat hamil bisa terjadi kapan saja, terutama pada awal kehamilan atau trimester pertama.

Hampir 20% wanita mengalami flek pada awal kehamilan, hal ini wajar karena bagian alami dari kehamilan.Namun anda juga wajib berhati – hati jika terjadi komplikasi.Jika anda mengalami flek yang diikuti dengan rasa nyeri atau kram perut, maka anda harus segera menemui dokter spesialis kandungan untuk mengetahui penyebab dari flek tersebut.

Selain melakukan konsultasi dengan dokter spesialis kandungan, anda juga bisa melakukan langkah – langkah untuk pencegahan atau mengurangi flek atau pendarahan saat hamil.

Cara Mencegah Keluar Flek Saat Hamil Muda

Minum Vitamin Penguat Kandungan

Flek bisa terjadi karena lemahnya plasenta pada rahim.Agar plasenta kuat dan berfungsi dengan baik, maka ibu hamil muda dianjurkan untuk mengkonsumsi asam folat.Asam folat ini bisa di dapatkan pada sayuran atau buah – buahan. (baca: manfaat kulit jeruk)

Hindari High Heels

Ibu hamil dilarang keras untuk menggunakan atau memakai sepatu hak tinggi. Ini dikarenakan sepatu hak tinggi akan membuat betis kaki menopang berat badan anda. Selain itu, perut bagian rahim juga akan terlalu berat menopang berat badan anda jika anda menggunakan sepatu hak tinggi. Disamping untuk menghindari ibu terjatuh, hak tinggi juga dapat mengganggu kesehatan janin dalam kandungan.

Gunakan Pembalut

Pembalut bisa digunakan untuk memantau seberapa banyak flek atau darah dan lendir yang dikeluarkan oleh vagina.Namun yang perlu diperhatikan adalah memilih pembalut yang aman digunakan untuk ibu hamil. Jika pembalut yang digunakan tidak aman bagi ibu hamil, justru akan membuat bakteri bergerak masuk ke arah rahim dan membahayakan janin.

Istirahat total

Salah satu cara yang bisa anda lakukan jika mengalami flek atau pendarahan adalah dengan beristirahat secara total. Hentikan semua kegiatan anda untuk sementara waktu, agar badan bisa beristirahat dengan tenang. Istirahat total bisa membantu plasenta melindungi rahim sehingga mengurangi resiko keguguran.

Jika anda terpaksa masih harus melakukan pekerjaan, maka hindari pekerjaan yang berat seperti mengangkat beban terlalu berat, memikul atau menggendong.Hindari juga berpergian jarak jauh baik menggunakan mobil, motor, pesawat maupun alat transportasi yang lainnya. (baca: manfaat keringat)

KELUAR FLEK SAAT HAMIL MUDA

Ikuti semua petunjuk dokter

Jika anda memeriksakan kesehatan kandungan anda ke dokter, tentunya dokter akan memberikan petunjuk yang bisa dilakukan untuk mengurangi pendarahan. Jadi ikutilah semua petunjuk dokter tersebut.

Keluar flek saat hamil muda memang bisa dikategorikan wajar jika tidak terjadi pendarahan hebat.Maka untuk menghindari resiko terburuk, sebaiknya anda hindari hal – hal yang bisa memicu keluarnya flek saat hamil muda.

Cara Mencegah Keluar Flek Saat Hamil Muda. Post by: dr Lin | 4.5
Tags:, , ,

Categories: Kehamilan

1 Comment
  1. 3 years ago
    Angeline

    Do you want unlimited articles for your blog ?
    I am sure you spend a lot of time posting articles, but you can save it for other tasks, just type in google:
    kelombur’s favorite tool

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *