Implikasi Batu Empedu, Gejala, Penyebab, dan Cara Menyembuhkan secara Alami dan Ala Dokter

Untuk membantu proses pencernaan lemak, di dalam kantong empedu terdapat cairan. Cairan yang terdapat dalam kantong empedu itu bisa mengeras. Dan jika mengeras, disebutlah sebagai batu empedu. Apakah batu empedu ini baik bagi kesehatan? Jawabannya relatif, bisa ya bisa juga tidak. Masing-masing orang memiliki batu empedu dengan variasi ukuran berbeda. Ada yang seperti pasir sampai sebesar bola pingpong, jumlahnya juga berbeda.

Batu empedu mengganggu kesehatan jika menjadi penyebab komplikasi terhadap bagian tubuh yang lain, seperti jika batu empedu itu mengganggu kantong empedu. Gejalanya dapat dirasakan seperti; demam tinggi, sakit kuning, dan rasa sakit pada bagian empedu yang konstan.

(Baca juga: cara mengobati usus buntu)

Selain itu, batu empedu juga bisa menjadi penghambat saluran pankreas. Dampak peradangan pada pankreas, tak lain adalah sakit perut bertambah seiring berjalan waktu dan akan semakin parah.

Batu empedu yang menyebabkan penyakit, rentan menyerang orang usia 40 tahun ke atas, wanita beresiko terserang batu empedu dua kali lebih besar dibanding pria terutama wanita yang pernah melahirkan, serta faktor obesitas atau kelebihan berat badan.

Penyebab Terbentuknya Batu Empedu

Batu empedu diduga terbentuk akibat pengerasan kolesterol yang tertimbun dalam cairan empedu. Seperti yang saya kutip dari alodokter.com, hal ini terjadi karena adanya ketidakseimbangan antara kolestrol dan senyawa kimia dalam cairan tersebut.

Batu empedu umumnya tidak menyebabkan sakit, jadi tidak membutuhkan penanganan khusus. Tetapi jika batu ini menyumbat saluran kantong empedu, penderita akan mengalami gejala sakit pada bagian kanan perut yang datang secara tiba-tiba atau istilah medisnya kolik bilier.

Cara Menyebuhkan Batu Empedu ala Dokter

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, hadirnya batu empedu pada dasarnya bukanlah penyakit, kecuali berimplikasi pada hal yang sudah disebutkan sebelumnya. Jika gejala implikasi sudah Anda rasakan, maka segeralah memeriksakan diri ke dokter.

Biasanya, dokter yang sudah mendiagnosa apa yang dirasakan penderita dan positif penyakit akibat batu empedu, maka langkah yang paling familiar dilakukan adalah operasi laparoskopik pengangkatan kantong empedu. Batu empedu diangkat, tidak akan mengganggu bagian tubuh lainnya secara substansial, meski batu empedu itu penting.

Gambar anatomi batu empedu

Gambar anatomi batu empedu

(baca juga: cara menyembuhkan sakit maag)

Cara Menyembuhkan Batu Empedu Secara Alami

Cara menyembuhkan batu empedu yang berimplikasi pada penyakit lain secara alami, adalah dengan rutin mengonsumsi buah apel. Baik berupa jus, atau dimakan secara langsung. Apel yang kaya akan Vitamin A, Vitamin C, Vitamin B6, hingga Kalsium dan Zat besi, sangat cocok untuk kesehatan batu empedu.

Cara menyembuhkan batu empedu secara alami yang kedua adalah dengan rutin mengonsumsi minyak zaitun saat perut kosong, baik pada malam hari sebelum tidur atau saat bangun pagi. Minyak zaitun sangat tepat untuk melumas batu empedu, sehingga batu empedu akan mudah keluar dengan sendirinya.

Penting untuk diperhatikan, bagi penderita batu empedu pada masa penyembuhan, sebaiknya menghindari makanan berlemak, terutama lemak jenuh.

Implikasi Batu Empedu, Gejala, Penyebab, dan Cara Menyembuhkan secara Alami dan Ala Dokter. Post by: dr Lin | 4.5
Tags:, , , ,

Categories: Perut

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *