Anak Diare? Ini Cara mengobati Diare pada Anak Secara Alami

Ada banyak artikel mengenai cara mengobati diare pada anak secara alami yang bisa kita dapatkan yang bisa kita terapkan untuk membantu anak-anak kita keluar dari situasi yang tidak menyenangkan tersebut. Banyak orang tua yang memilih untuk melakukan pengobatan alami untuk diare dengan harapan tidak adanya efek samping untuk kesehatan anak dan aman digunakan.

Berikut adalah beberapa cara mengobati diare pada anak secara alami yang bisa kita lakukan sendiri di rumah.

Pertama, karena anak yang mengalami diare akan kehilangan cairan dalam tubuh dengan cepat, maka akan sangat tepat untuk menyiapkan minuman rehidrasi. Untuk menyiapkannya, kita perlu mencampur 1 sendok teh garam meja dengan 5 gelas air dan 8 sendok teh gula. Aduk rata dan berikan 1 gelas pada anak setiap kali anak mengalami buang air besar. Untuk anak dengan usia yang lebih kecil, kita bisa menggunakan cangkir dan menggunakan sendok untuk bayi. Biarkan anak minum cairan tersebut sebanyak mungkin. Bila kita mendapati anak kita mengalami gejala dehidrasi atau mereka tidak memiliki keinginan untuk minum, maka kita harus segera mencari bantuan medis segera. Ingat, kematian akibat dehidrasi karena diare bisa sangat cepat terjadi, sehingga jangan ragu untuk segera menghubungi tenaga medis terdekat untuk mendapatkan bantuan.(baca juga: cara mengobati pilek pada anak)

Kedua, kita bisa menggunakan ramuan daun pisang raja sebagai salah satu cara mengobati diare pada anak secara alami. Pisang raja mudah ditemukan dan ini akan menjadi obat yang cukup efektif untuk mengobati diare. Untuk membuatnya menjadi ramuan yang tepat, kita bisa memulainya dengan menuangkan 1 cangkir air mendidih di atas 4 sendok makan daun kering plantain. Setelah itu, tutup dan biarkan selama 20 menit. Saring dan tambahkan pemanis sebelum kita berikan pada anak kita setiap 2 jam sekali dengan dosis 1/2 cangkir. Kita bisa memberikan pertolongan tersebut hingga kita memperoleh bantuan medis yang dibutuhkan.

penyakit diareKetiga, menerapkan BRAT diet untuk membantu mengurangi gejala diare. BRAT diet terdiri dari pisang, nasi, saus apel, dan roti pangang tanpa mentega. Semua jenis makanan tersebut memiliki tekstur yang lunak sehingga tidak akan mengganggu perut yang sedang diare. Selain itu, kandungan yang cenderung mengikat pada BRAT diet akan membantu mengganti semua zat yang dibutuhkan oleh tubuh anak setelah bertarung dengan diare.

Keempat, kita bisa menggunakan buah apel yang diblender sebagai salah satu cara mengobati diare pada anak secara alami. Untuk membuatnya, kupas, potong, dan haluskan buah apel dengan menggunakan blender. Berikan pada anak setiap 2 jam sekali. Cara lainnya yang bisa kita lakukan dengan memanfaatkan buah apel adalah dengan memarutnya atau mendidihkan apel dalam 1 cangkir susu hingga lembut. Setelah itu, masukkan apel dan susu tersebut dalam blender, dan blender hingga halus. Ini akan menjadi obat yang efektif untuk diare.

Anak Diare? Ini Cara mengobati Diare pada Anak Secara Alami. Post by: dr Lin | 4.5
Tags:, , ,

Categories: Perut

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *