Kenali Penyakit Keratitis, Cara Menyambuhkan Keratitis Secara Alami dan Medis

Hati hati menggunakan lensa kontak! Jika lensa kontak terkena jamur, parasit atau jamur, inilah yang menebabkan penyakit mata Keratitis. Jamur dan parasit yang mengkontaminasi lensa kontak meyebabkan peradangan pada kornea mata, yang berujung cedera. Cedera mata itulah yang menjadi penyebab Keratitis.

Keratitis ada dua, ada yang menular dan ada yang tidak menular. Keratitis menular adalah infeksi pada kornea, bernanah dan parah. Nanah bisa menular pada yang lain, melalui berbagai perantara. Sedangkan Keratitis yang tidak menular, yaitu yang disebabkan cedera biasa pada kornea dan segera mendapat penanganan. (baca: bahaya katarak, ini cara mengobatinya)

Jika suatu hari mata merah, selalu mengeluarkan air mata, perih, penglihatan kabur, kelopak mata yang susah terbuka, dan kesulitan melihat cahaya yang terang, maka segeralah periksakan ke dokter atau ahli mata, karena hal itu merupakan gejala Keratitis.

Dokter akan melakukan diagnosa terhadap daya kornea, kondisi penglihatan, dan chek up struktur mata ada perubahan atau tidak. Bisa juga pemeriksaan intensif pada air yang keluar dari mata. Jangan heran kalau dokter juga mengambil sample darah untuk diperiksa, itu bertujuan mengetahui kemungkinan ada penyakit lain.

Sebelum segalanya terjadi, ada baiknya mawas diri dan mengupayakan proses pencegahan sejak dini. Pencegahan penyakit mata Keratitis yang dimaksud seperti: 1) Lepaskan kontak lens saat melakukan sesuatu yang membuat kontak lens tersentuh hal lain seperti air, dll. 2) Lakukan perawatan rutin berkala pada lensa kontak, atau bersihkan dengan pembersih yang steril; dan 3) Bersihkan tangan sebelum menyentuh mata.

keratitis

Adapun cara menyembuhkan keratitis ada dua, yaitu medis dan non medis atau alami. Pengobatan Keratitis secara medis sangat dipengaruhi hasil diagnosa dokter atau ahli mata sebelumnya. Penanganan berdasarkan sebab, tingkat keparahan, dan kondisi penderita.

Misalnya untuk keratitis menular, maka dibutuhkan langkah pengobatan yang intensif, terutama menghilangkan virus penyebab kerusakan kornea tadi. Antibiotik, anti jamur kemungkinan juga menjadi pilihan. Pengobatan biasanya melalui obat tetes mata, dan obat diminum sebagai upaya meningkatkan daya tahan tubuh.

Sedangkan Keratitis yang tidak menular, biasanya akan sembuh sendiri. Penderita cukup menjaga kesehatan, menghindari hal yang tidak cocok dengan kondisi mata saat itu, misalnya cahaya yang berlebihan, dll.

Untuk cara menyembuhkan Keratitis secara alami, direkomendasikan bagi penderita Keratitis yang tidak menular, untuk banyak mengkonsumsi buah Blueberry. Kemampuan buah ini yang mampu menyerap radikal bebas, sangat membantu mengurangi peran virus yang mengganggu kornea mata.

Dalam buah Blueberry juga mengandung zat Anthocyanin yang mampu meningkatkan ketajaman visual. Selain itu disarankan memperbanyak mengkonsumsi buah yang mengandung vitamin C seperti jeruk, dll. Vitamin E, seperti kubis, kadangan, bayam, gandum, dll. (baca: manfaat buah Blueberry yang masih dirahasiakan)

Kenali Penyakit Keratitis, Cara Menyambuhkan Keratitis Secara Alami dan Medis. Post by: dr Lin | 4.5
Tags:, , ,

Categories: Mata

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *