Ini Cara Menyembuhkan Rabun Dekat Secara Alami dan Medis

Kebalikan dari rabun jauh atau Miopia, (baca: rabun jauh dan cara mengobatinya secara medis dan alami) rabun dekat atau dalam istilah medis Hyperopia, adalah kesulitan melihat objek yang dekat. Objek dekat akan terlihat kurang jelas, dan mata akan cepat lelah. (baca juga: cara mengobati rabun jauh)

Seperti halnya rabun jauh, rabun dekat bisa menyerang semua usia, namun lebih didominasi mereka yang berusia 40 tahun ke atas. Untuk anak anak yang terkena rabun dekat, harus segera diatasi karena bisa menimbulkan komplikasi, seperti mata malas (amblyopia) atau mata juling (strabismus).

Mengetahui mata terkena rabun dekat atau tidak, bis diketahui dengan merasakan gejala seperti; rasa sakit kepala saat melihat jarak dekat terlalu lama, kebiasaan mengerlingkan mata jika harus melihat objek jarak dekat dengan jelas, kata kerap berair dan berwarna merah, sulit membaca atau merangkai objek dengan penglihatan, serta gejala umum yakni objek jauh terlihat jelas tapi objek dekat tidak jelas.

Dikarenakan kornea mata kurang melengkung, akhirnya cahaya yang masuk tidak terfokus ke retina, tapi lebih terfokus di belakang retina, akibatnya objek dekat mejadi kurang jelas. Penyebab utama rabun dekat adalah genetika. Penderita rabun dekat cenderung dipengaruhi gen orang tuanya. Penyebab lain adalah usia. Usia 40 tahun ke atas rentan terkena rabun dekat. Penyebab lain namun jarang, adalah adanya tumor di sekitar mata, penderita diabetes yang memengaruhi mata, dan mata tidak berkembang sempurna saat bayi masih di dalam kandungan.

Pengobatan medis pada rabun dekat yang paling umum adalah penggunaan lensa kontak. Fungsinya sama dengan kaca mata. Cara lain adalah operasi laser pada mata sepeti halnya pada penderita rabun jauh.

rabun-dekat

Untuk menyembuhkan rabun dekat dengan cara alami, bisa mencoba dengan ramuan biji jeruk nipis yang dicampur dengan madu. Cara membuatnya; keringkan biji jeruk nipis. Setelah kering, tumbuk halus, kemudian masak hasil tumbukan halus tadi dengan air secukupnya. Setelah mendidih, dinginkan, lalu campur dengan madu. Minum sebelum tidur secara rutin. (baca juga: penyakit bisul kecil pada mata)

Banyak juga penderita mengobati rabun dekat dengan cara mencuci mata menggunakan air melati. Cukup merendam bunga melati pada wadah beling, sehari semalam. Nah, air hasil rendaman itu digunakan untuk membersihkan mata. Lakukan cuci mata dengan rendaman melati sehari sekali secara rutin.

Ini Cara Menyembuhkan Rabun Dekat Secara Alami dan Medis. Post by: dr Lin | 4.5
Tags:, , , , ,

Categories: Mata

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *