Bahaya Penyakit Retinoblastoma (Kanker Mata). Kenali dan Antisipasi Segera!

Kanker pun bisa menyerang mata. Penyakit kanker pada mata dikenal dengan nama Retinoblastoma. Penyakit ini umunya menyerang anak-anak usia balita, meski dapat juga menyerang orang dewasa. Seperti halnya bintitan, (baca: cara menyembuhkan bintitan seara alami dan medis) Retinoblastoma kebanyakan muncul pada satu mata saja, namun diyakini banyak orang akan berpasangan, atau muncul pada dua mata.

Berawal dari kontaminasi kanker pada sel Retinoblas yang menyebabkan tumbuhnya kanker pada retina mata yang umumnya berasal dari faktor genetik atau warisan orang tua. Bahaya penyakit Retinoblastoma menyebar dengan cepat ke bagian tubuh selain mata, seperi tulang, otak, dan bagian tubuh lainnya.

Untuk mengetahui seorang terkena penyakit Retinoblastoma atau tidak, akan kelihatan saat mata disinari cahaya. Terdapat potelan berwarna putih pada pupil mata pada penderita. Pada kasus berbeda, bisa juga gejala pada penderita penyakit Retinoblastoma mengalami pembengkakan mata, sampai juling mendadak.

Penulis menyarankan segera membawa anak ke dokter jika gejala penyakit Retinoblastoma ini muncul. Pasalnya, Retinoblastoma bisa menyebabkan kebutaan dan timbulnya kanker jenis lain.

Dokter biasanya akan melihat kondisi mata dengan oftalmoskop khusus untuk melihat dengan jelas dan akurat. Jika dipastikan penyakit yang diderita adalah Retinoblastoma, dokter biasanya akan melakukan tes ultrasound, CT scan, dan MRI. Untuk kesembuhan, tergantung kondisi Retinoblastoma yang diderita anak. Untuk Retinoblastoma stadium satu akan memiliki tingkat kesembuhan yang lebih besar.

RetinoblastomaPengobatan medis berikutnya adalah, operasi pengangkatan bola mata yang terjangkit dan diganti dengan bola mata buatan (implan). Boala mata buatan dipasang dan disambungkan dengan otot-otot mata. Jaringan otot ini akan beradaptasi dengan jaringan mata seiring proses penyembuhan anak, sehingga nantinya mata implan dapat bergerak seperti mata alami walaupun tidak bisa melihat. (baca juga: bahaya amnesia)

Olehnya itu, tidak ada jalan lain, seorang anak yang dicurigai menderita penyakti Retinoblastoma harus segera ditangani sebelum tahapan kanker menjadi sulit untuk disembuhkan hingga menyebabkan hilangnya penglihatan. Penulis tidak merekomendasikan cara menyembuhkan penyakit Retinoblastoma secara alami, melihat bahaya dan efek penyakit ini.

Bahaya Penyakit Retinoblastoma (Kanker Mata). Kenali dan Antisipasi Segera!. Post by: dr Lin | 4.5
Tags:, , , , ,

Categories: Mata

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *