Cara Mengobati Gigitan Semut pada Kulit

Siapa yang tidak pernah digigit semut? Semua pasti pernah mengalaminya dan ini adalah gigitan yang akan membuat kita paling tidak meringis kesakitan selama beberapa detik. Gigitan semut bisa sangat menyakitkan dan beberapa detik kemudian akan menjadi gatal yang terkadang sulit terkendali. Belum lagi bila kita musti berurusan dengan kulit yang membengkak akibat aksi histamines yang terjadi. (baca juga: ruam pada kulit anak, dan cara menyembuhkannya)

Semua pasti setuju kalau hal ini bisa sangat menjengkelkan. Untuk membantu meminimalisasi sakit dan nyerinya gigitan semut, banyak orang yang mencoba untuk menerapkan beberapa cara mengobati gigitan semut dengan bahan-bahan alami. Apapun bahan yang digunakan yang terpenting adalah memastikan bahwa pengobatan yang kita lakukan bisa bekerja dengan baik dan membuat rasa sakit akibat gigitan semut bisa berkurang dan menghilang.

Berikut adalah beberapa cara mengobati gigitan semut dengan bahan-bahan yang mudah kita temukan di rumah.

  1. Es batu – ini adalah salah satu cara tercepat yang bisa kita lakukan untuk mencegah terjadinya bengkak pada permukaan kulit akibat gigitan semut. Untuk itu, ambil es batu dan tempelkan di tempat gigitan. Melakukan hal ini sama artinya menghadirkan anti histamine secara alami. Selain mencegah terjadinya bengkak pada kulit, cara ini juga mampu mengurangi rasa gatal yang timbul setelah gigitan.
  2. Cuka – ini adalah salah satu cara mengobati gigitan semut yang akan membantu mengendalikan rasa gatal. Selain itu, cuka akan membantu mencegah terjadinya aksi bakteri di permukaan kulit karena aktivitas menggaruk yang kita lakukan. Bila kita berniat menggunakan cuka, maka kita bisa langsung mengoleskan cuka di tempat gigitan. Dengan mengoleskan cuka, maka kemungkinan bagi kita untuk menggaruk pun akan berkurang.gigitan semut
  3. Pasta gigi – untuk diketahui, pasta gigi mampu memberi efek dingin pada kulit sehingga sangat pas digunakan untuk meredakan rasa sakit dan gatal akibat gigitan semut. Kandungan peppermint atau mentol yang terkandung di pasta gigi yang membuatnya memiliki efek dingin yang dibutuhkan. Kita bisa mengoleskan pasta gigi di area gigitan yang juga akan membantu mencegah bengkak, mematikan rasa gatal dan sakit, dan pastinya membantu menenangkan kulit.
  4. Aspirin – anti inflamasi yang terkandung di dalam aspirin akan membantu mengobati gigitan semut. Untuk itu, kita bisa mengambil tablet aspirin dan menghancurkannya untuk kemudian dicampur dengan air. Bentuk menjadi pasta dan oleskan pada kulit yang terkena gigitan. Biarkan semalam. Cara ini mampu menghilangkan bengkak, gatal, dan nyeri dengan cepat.
  5. Kantong teh – ini merupakan salah satu cara mengobati gigitan semut yang bisa kita lalukan karena kantong teh memiliki sifat anti inflamasi. Asam tanat yang terkandung didalamnya membuat kantong teh memiliki sifat tersebut. Selain itu, kantong teh juga akan membantu mendinginkan area yang digigit dalam waktu yang cepat. Ambil kantong teh, tempatkan di area gigitan, kemudian tekan. Ini juga akan membantu menekan pembengkakan dan rasa gatal yang muncul.
  6. Minyak teh – Bila gigitan semut menyebabkan rasa gatal yang parah disertai dengan bengkak coba encerkan minyak teh dan oleskan pada area gigitan semut. Selain itu, minyak teh juga akan membantu menjaga agar kuman dan bakteri tidak masuk di area yang digigit sehingga mencegah tejadinya infeksi.

 

Cara Mengobati Gigitan Semut pada Kulit. Post by: dr Lin | 4.5
Tags:, , ,

Categories: Kulit

1 Comment
  1. 1 year ago
    syifa

    Makasih ya sumpah pake yg es batu itu pas dicoba langsung kempes

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *