Cara Alami Mengobati Luka Bakar, (Terkena Benda Panas, Air Panas, dan Minyak Mendidih)

Luka bakar jangan dipahami sebagai bagian tubuh yang terkena api atau terbakar saja. Luka bakar juga bisa berarti luka bagian tubuh karena terkena benda panas, air panas atau minyak mendidih. Luka bakar bisa menimpa siapa saja. Tanpa sengaja, terkena knalpot. Tanpa sengaja terkena pecikan air mendidih, kulit melepuh, dll.

Jangan panik saat anda terkena luka bakar, namun jangan pula dibiarkan. Segera atasi luka bakar yang diderita dengan pengobatan alami berikut ini;

Pertama, alirkan air dingian pada bagian luka bakar, tapi bukan luka yang menganga karena dikawatirkan akan terjadi infeksi. Air dingin dapat mengurangi radang pada kulit dan menghindar luka bakar jadi lebih kronis. (baca juga: cara mengobati penyakit cakar kucing)

Kedua, dengan getah lidah buaya. Caranya, potong daun lidah buaya menjadi dua bagian lalu oleskan getahnya/ airnya pada bagian yang terluka. Penggunaan lidah buaya saja membantu mengobati luka bakr tapi juga membuat bagian luka terasa dingin sehingga mengurangi rasa sakit.

Ketiga, oleskan madu. Fungsi madu pada luka bakar akan menjadi antibiotik sehingga menghindarkan bagian luka dari infeksi. Madu juga akan menjaga rusaknya sel kulit, dan membantu menghindar timbulnya jaringan parut pada kulit setelah luka bakar pulih. (baca: juga : cara mengobati sakit perut)

Keempat, oleskan kentang mentah pada bagian luka bakar. Kentang mentah bisa membantu dalam penyembuhan kulit dikarenakan luka bakar karena karakter anti-iritasi nya yang dapat kurangi rasa sakit dan menghindar kulit melepuh. Potong beberapa irislah kentang mentah dan gosok pada luka bakar dengan perlahan.

Kelima, balutkan putih telur pada bagian yang terluka. Kupas telur, dan pisahkan dengan kuningnya, lalu oleskan merata. Selain mempercepat pengobatan, kulit telur juga dapat mengurangi rasa sakit.

Keenam, oleskan minyak zaitun scara merata pada bagian kulit terbakar. Minyak zaitun sarat dengan vitamin dan asam lemak esensial yang ikut dan dalam mempercepat pengobatan luka bakar. Minyak zaitun memasok nutrisi paling utama untuk kulit yang terluka dan menghalangi organisme beresiko dari menginfeksi luka.

Ketujuh, sabun cuci berbentuk ditergen. Cara mengobati luka bakar ini berdasarkan pengalaman penulis belaka, dan terbukti ampuh. Patut dicoba.

Demikian tujuh cara alami mengobati luka bakar. Namun untuk menghindari terjadinya hal yang tidak diinginkan, sebaiknya selain melakukan ketujuh cara tadi, sebaiknya membawa ke dokter agar dapat ditangani secara medis lebih jauh.

Cara Alami Mengobati Luka Bakar, (Terkena Benda Panas, Air Panas, dan Minyak Mendidih). Post by: dr Lin | 4.5
Tags:, , , , ,

Categories: Kulit

1 Comment
  1. 11 months ago
    hery

    Terimakaish min info cara alami mengobati luka bakar sangat bermanfaat.

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *