Begini Cara Mengobati Komedo dengan Pasta Gigi

Ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk menghilangkan komedo dan salah satunya adalah dengan menggunakan pasta gigi. Bila anda memiliki komedo dan ingin menghilangkannya dengan cara ini, maka anda bisa mengikuti beberapa langkah cara menghilangkan komedo dengan pasta gigi sebagai berikut. (baca juga: 9 cara mengobati komedo secara alami)

Pertama, pilih jenis pasta gigi yang tepat dengan memastikan bahwa jenis pasta gigi yang kita gunakan adalah tipe pasta gigi yang paling sederhana dengan rasa mint. Perlu diketahui, menggunakan pasta gigi untuk menghilangkan ketombe tidak dianjurkan oleh dokter karena dikhawatirkan kandungan dalam pasta gigi bisa memicu terjadinya reaksi alergi pada kulit. Bila kita bersikeras melakukannya maka perhatikan jenis pasta gigi yang akan digunakan. Pilih pasta gigi yang terbuat dari bahan-bahan alami bila kita khawatir dengan reaksi yang mungkin akan kita alami pada kulit setelah menggunakannya. (baca: makanan dan minuman yang membuat gigi rusak)

Kedua, cuci wajah dan segera gunakan pasta gigi. Oleskan pasta gigi pada area yang terdapat komedo dan biarkan pasta gigi benar-benar mengering secara sempurna. Setelah pasta gigi kering, gosok secara lembut kulit di sekitar area komedo untuk membantu menghilangkan komedo dari pori-pori. Cuci kembali wajah dan keringkan dengan menggunakan kain bersih. Bila kita tidak ingin menggunakan jari, maka kita bisa mengoleskan pasta gigi dengan menggunakan kain yang telah direndam dengan minyak zaitun. Setelah itu, gosok pasta gigi dengan kain tersebut selama beberapa menit dan bilas. Ini merupakan proses dari cara menghilangkan komedo dengan pasta gigi yang sangat sederhana dan bisa kita lakukan sendiri di rumah.

Ketiga, cara lain yang bisa kita lakukan adalah dengan menambahkan garam ke pasta gigi. Menurut beberapa orang yang telah melakukannya, ini akan membuat kita mendapatkan hasil yang lebih cepat. Untuk membuat campuran yang tepat, kita perlu 1 bagian pasta gigi dan 1 bagian garam. Jika campuran terlalu kental anda bisa menambahkan beberapa tetes air supaya lebih cair dan tipis. Setelah itu, usapkan campuran ke wajah dan biarkan selama 10 menit. Jangan lupa untuk menggosok wajah untuk menghapus komedo sebelum membilasnya dengan air. Terakhir, oleskan pelembab harian yang biasa kita gunakan setelah wajah dikeringkan.

Selain beberapa cara menghilangkan komedo dengan pasta gigi yang telah disebutkan di atas, kita juga bisa menggunakan pasta gigi untuk mencegah datangnya komedo sebagai berikut.Mengobati komedo dengan pasta gigi

  1. Cuci wajah dua kali sehari dan bila kita memiliki ketombe atau jerawat yang banyak, maka pertimbangkan untuk menggunakan sabun cuci muka yang mengandung asam salisilat. Gunakan air hangat saat mencuci muka untuk membuka pori-pori sebelum melakukan pembersihan.
  2. Lakukan eksfoliasi wajah seminggu sekali, jangan terlalu sering karena pengelupasan bisa mengiritasi kulit.
  3. Hindari menyentuh wajah dengan menggunakan tangan. Tangan menyentuh banyak hal sehingga bisa mentransfer berbagai kotoran, minyak, dan bakteri ke pori-pori wajah.
  4. Gunakan tabir surya setiap hari untuk melindungi wajah dari pengaruh buruk sinar matahari.
  5. Gunakan make up bebas minyak dan mineral. Pilih make up berbasis bubuk akan jauh lebih baik ketimbang make up berbasis krim. Jangan lupa pula untuk selalu menghapus make up sebelum tidur. Bila kita sering menggunakan make up, jangan lupa untuk mencuci peralatan make up secara teratur dengan menggunakan sabun lembut dan air hangat agar bakteri dan kotoran luntur.
  6. Minum banyak air karena hidrasi sangat penting untuk tubuh dan juga kulit.
Begini Cara Mengobati Komedo dengan Pasta Gigi. Post by: dr Lin | 4.5
Tags:, , , , ,

Categories: Kulit

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *