Sebel dengan Komedo? Ini 9 Cara Menghilangkan Komedo Secara Alami

Sebelum kita membahas mengenai cara menghilangkan komedo, marilah kita bersama-sama belajar mengenai komedo terlebih dahulu. Komedo merupakan folikel dengan bukaan yang lebih luas dibandingkan dengan yang normal yang dikenal pula sebagai open comedones. komedo bisa saja muncul di beberapa area termasuk wajah, dada, punggung, dan bagian lainnya yang memiliki kelenjar sebasea. Residu yang terbentuk di folikel nantinya yang bertanggung jawab memberi warna hitam atau gelap pada komedo. Ada sederet penyebab komedo yang bisa kita dapatkan termasuk kurangnya menjaga kebersihan kulit.

Berikut adalah beberapa cara menghilangkan komedo secara alami yang bisa kita terapkan sehingga kulit pun akan senantiasa bersih dan menawan.

  1. Minyak kacang – campurkan 1 sendok teh minyak kacang dengan 1 sendok teh lime juice. Kemudian oleskan pada wajah untuk membantu mencegah pembentukan komedo.
  2. Garam Epsom – campurkan seperempat cangkir air panas dengan 1 sendok teh garam Epsom dan 4 tetes iodine. Aduk rata dan biarkan dingin. Setelah itu, celupkan bola kapas dan oleskan pada area yang ada komedo dan sekitarnya. Setelah mengering, bersihkan dengan kain bersih. Ini merupakan salah satu cara menghilangkan komedo yang dianggap paling efektif yang bisa kita lakukan sendiri di rumah.cara menghilangkan komedo hidung
  3. Jeruk nipis – campurkan air jeruk nipis segar dengan daun kelor (moringa oliefera). Setelah itu oleskan pada area kulit yang ada komedonya.
  4. Fenugreek – buat pasta dari fenugreek atau daun methi untuk kemudian dioleskan pada wajah. Biarkan selama 10-15 menit dan bilas dengan menggunakan air hangat. Kita bisa melakukan treatment ini setiap malam sebelum pergi tidur yang akan membantu mencegah timbulnya komedo dan sekaligus menjadi cara menghilangkan komedo yang paling cepat.
  5. Mandi Uap – kita bisa melakukan mandi uap yang akan membantu membuka dan melembutkan pori-pori sehingga memudahkan kita dalam menghapus komedo. Cara menghilangkan komedo yang satu ini bisa dibilang lebih menyenangkan dan akan memberi kesempatan bagi tubuh untuk santai. (baca: cara mengobati panu)
  6. Susu – kita bisa merebus susu segar yang dicampur dengan air jeruk nipis segar untuk mencuci muka atau area yang ada komedonya. Ini merupakan salah satu cara untuk menghilangkan komedo yang bisa kita lakukan sendiri di rumah.
  7. Kayu Cendana Merah – buat pasta dengan menggunakan 5 gram kayu cendana merah dan 5 gram kunyit yang dicampur dengan susu. Setelah itu, oleskan pada bagian tubuh yang memiliki komedo dan lihat bagaimana ramuan tersebut akan membuat komedo menghilang.cara menghilangkan komedo
  8. Teh hijau – kita bisa menggunakan teh hijau sebagai scrub untuk kemudian dioleskan pada area kulit yang terdapat komedo. Teh hijau akan membantu melonggarkan komedo dan membuat kulit menjadi mulus kembali.
  9. Almond – gunakan almond bubuk yang dicampur dengan air mawar untuk membantu menghapus komedo dengan cara yang lebih mudah dan menyenangkan. Ini akan menjadi salah satu cara menghilangkan komedo secara alami dan cepat.
Sebel dengan Komedo? Ini 9 Cara Menghilangkan Komedo Secara Alami. Post by: dr Lin | 4.5
Tags:, , ,

Categories: Kulit

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *