Penyakit Wasir, Penyebab, dan Cara Mengobati Penyakit Wasir

Penyakit Wasir adalah pembengkakan pada pembuluh darah di sekitar bokong atau anus baik di dalam maupun di luar. Penyakit wasir dalam ilmu kedokteran juga disebut hemoroid. Pembengkakan pembuluh darah jika berada di dalam anus, disebut penyakit wasir internal atau hemeroid internal. Sebaliknya jika berada di luar disebut Penyakit Wasir ekternal atau hemeroid eksternal.

Orang yang terkena Penyakit Wasir akan mengalami benjolan besar pada anus. Sialnya, saat BAB, terkadang mengeluarkan darah segar dan terasa sakit gatal. Benjolan akan keluar terdorong tinja, dan harus dimasukan kembali saat selesai BAB.

Penyakit Wasir tidak tergolong penyakit berbahaya. Namun di Indonesai penyakit ini menyebar dan menimpa 7 persen dari populasi 10 juta penduduk. Meski Penyakit Wasir hanyalah tergolong tidak berbahaya, sebaiknya segera konsultasi ke dokter jika pendarahan berlangsung lama.

(baca juga: cara mengobati sakit pinggang)

Penyebab Penyakit Wasir

Ilmu kedokteran belum bisa memastikan penyebab utama Penyakit Wasir. Yang jelas dari gejala wasir, terdapat peningkatan tekanan pada pembuluh darah di sekitar anus, sehingga penyebab Penyakit Wasir adalah apa yang menyebabkan peningkatan tekanan pembuluh darah di sekitar anus tersebut. Bisa karena faktor makanan bisa juga karena saat BAB penderita terlalu lama mengejan.

penyakit wasirPenyebab Penyakit Wasir karena faktor makanan adalah asupan makanan yang kurang serat sehingga mengganggu sistem pencernaan. Gangguan sistem pencernaan akhirnya menjadi sebab susahnya buang air besar. Saat buang air besar diperlukan tekanan ekstara untuk mengeluarkan tinja yang justru meningkatkan tekanan pada pembuluh darah.

Penyakit wasir sangat rentan menimpa orang yang berusia 40 tahun ke atas, obesitas, memiliki riwayat keturunan yang sudah menderita Penyakit Wasir, dan wanita hamil.

1 2
Penyakit Wasir, Penyebab, dan Cara Mengobati Penyakit Wasir. Post by: dr Lin | 4.5
Tags:, , ,

Categories: Umum

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *