Keracunan Makanan dan Cara Mengobati Keracunan Makanan Secara Alami

Akhir akhir ini ramai pembicaraan soal keracunan makanan. Keracunan makanan banyak menimpa warung besar, dan warung kopi. Ada orang yang sengaja menyimpan racun pada makanan dan minuman, lalu minuman itu dikonsumsi. Motifnya katanya sih karena persaingan ekonomi.

Keracunan makanan yang kita akan bahas dalam artikel ini, bukan keracunan makanan seperti itu, akan tetapi makanan yang struktrunya berubah karena telah terkontaminasi oelh bakteri dari luar atau bakteri yang terbentuk dari makanan itu sendiri. Penyebabnya tiada lain kecuali berasal dari makanan yang diproses dengan tidak benar, dan tempat penyimpanan makanan yang tidak steril.

Ada banyak bakteri yang bisa menjadi penyebab keracunan makanan, seperti bakteri Campylobacter, salmonella, Escherichia coli (E. coli), Listeria, dan Shigella. Selain itu adapula parasit seperti cryptosporidium, Entamoeba histolytica, dan giardia.

(baca: cara menyembuhkan penyakit e coli)

Tidak semua makanan bisa dengan mudah terkontaminasi dengan bakteri dan parasit. Hanya beberapa makanan yang mudah, itupun jika tidak ditangani dengan baik. Makanan itu seperti; daging, susu, keju, roti, telur yang diawetkan, kerang yang diawetkan, dan sejenisnya.

Tak perlu kawatir mengonsumsi makanan seperti yang sudah disebutkan tadi, asal proses dan tempat penyimpanannya bagus, maka potensi keracunan makanan juga akan jauh. Selain itu, keracunan makanan memiliki gejala yang mudah ditandai, seperti; mual dan muntah, diare, sakit perut, dan kram perut.

(baca: bahan alami mengobati sakit perut)

(baca: cara menyembuhkan mual dan muntah)

Sebelum terlambat, segera antisipasi makanan yang mudah terkontaminasi agar jauh dari keracunan makanan. Caranya sederhana; mulai dari tempat penyimpanan yang baik, usahakan masak masakan secara merata, dan menjauhkan diri dari makanan yang sudah kadaluarsa.

Cara mengobati keracunan makanan secara alami

Untuk pengobatan medis, keracunan makanan tidak menggunakan penanganan khusus. Penderita cukup istirahat yang banyak, dan rajin mengonsumsi air putih. Antisipasi mual dan muntah yang bersamaan dengan diare dengan minum oralit.

Untuk cara mengobati keracunan makanan secara alami, dapat mencoba beberapa hal berikut;

Pertama, memperbanyak minum air putih. Air putih bertujuan mengantisipasi dehidrasi, apalagi jika penderita keracunan makanan mengalami demam tinggi. Tak hanya itu saja, minum air putih juga dapat membantu tubuh untuk mengeluarkan toksin dalam tubuh serta dapat meringankan rasa mual yang dirasakan.

Kedua, konsumsi jeruk lemon. Jeruk lemon bermanfaat untuk mengatasi keracunan. Ada baiknya jika jeruk disimpan di dalam kulkas. Kandungan vitamin C dan rasa asam pada jeruk lemon sangat efektif untuk membunuh bakteri jahat yang ada di perut.

Keracunan Makanan dan Cara Mengobati Keracunan Makanan Secara Alami. Post by: dr Lin | 4.5
Tags:, , ,

Categories: Perut, Umum

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *