Kenali Sebab Penurunan Libido pada Wanita dan Ini Cara Mengobatinya

0
627

Penurunan libido pada wanita adalah penyakit? Ya… Meski bahayanya tak sampai merenggut nyawa, tapi bisa berakibat fatal terutama bagi wanita yang sudah memiliki pasangan. Yang tersiksa bukan hanya wanita, tapi lebih lebih pasangannya. Penurunan libido adalah turunnya gairah, atau turunnya keinginan untuk berhubungan intim badan dengan pasangan.

Dalam keadaan normal, berhubungan intim adalah kebutuhan yang sifatnya naluri. Umum sebab turunnya libido disebabkan faktor kelelahan. Jika penyebabnya lelah, maka setelah lelah hilang gairah kembali seperti sedia kala. Namun jika penurunan libido dalam kondisi normal, ini yang patut diwaspadai. (baca: obat keputihan dalam seminggu)

Apa penyebabnya? Secara fisik, gairah “gituan” dipengaruhi oleh hormon “gituan” juga, yaitu hormon estrogen dan progresteron. Bagi wanita, fluktuasi naik turun hormon ini terjadi tiap bulan atau selama masa kehamilan. Horomon estrogen dan progresteron akan menurun pada wanita menopause, dan pada wanita kedua indung telurnya telah diangkat. Jika di luar dari empat tadi, maka secara fisik, penurunan gairah libido “gituan” perlu diwaspadai. (baca juga: jangan takut dengan kanker payudara, ini obatnya)

penurunan libido wanita

Adapun faktor psikis, turunnya gairah libido bisa disebabkan karena depresi, stress, rasa khawatir, atau adanya masalah dalam hubungan dengan pasangan.

Lalu bagaimana cara mengobati penurunan libido pada wanita? Untuk obat non herbal, berikut beberapa obat yang dapat meningkatkan gairah libido wanita. Tapi harus dengan resep dokter; 1) Dhea; 2) Koyo atau gel testosterone (penambah kadar testosterone dalam tubuh); 3) Wellbutrin; dan 4) Viagra.

Untuk obat alami, bagi wanita yang libido “gituan” nya menurun, maka perbanyaklah mengkonsumsi cabai merah, coklat, kopi, gingseng, dan tiram karena dalam makanan itu banyak mengandung capsaicin, yakni senyawa kimia yang mempu memberikan rangsangan positif pada kerja saraf.

Bagikan yah….

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here