Ternyata Sariawan Banyak Menyerang Wanita ! Ini Penyebab dan Cara Mengobati Sariawan

Sariawan dalam istilah kedokteran disebut Chanker Sores atau Ulkus Aftosa. Sariawan adalah luka yang menimbulkan nyeri pedas pedas gitu yang ada di mulut. Lukanya terbuka, dan rasanya aduhai Ada yang kecil, yah kira berdiameter 1cm, namun luka terdiri dari 2 sampai 3 tempat. Untuk sariawan seperti ini, akan hilang sendiri. Tapi untuk sariawan yang lebih besar ada pada satu tempat atau satu luka saja. Untuk masa penyembuhan bisa memerlukan berminggu minggu.

Sariawan banyak menyerang wanita, meski pria pun tak luput dari penyakit ini. Biasanya menyerang wanita dan pria usia 10-40 tahun. Tak ada usia 60 tahun terkena sariawan kok… hehehhe

Penyebab sariawan bisa dari banyak hal. Kondisi tak normal pada mulut, misalnya bibir terkena benturan keras lalu infeksi, makanan terlalu pedas atau terlalu asam, pasta pasta gigi dan obat kumur yang mengandung larutan sodium lauryl sulfate, reaksi bakteri tertentu di mulut, dan umumnya penyebab sariawan karena kekurangan vitamin B-12, zink, asam folat, atau zat besi. (baca: asam urat yang menakutkan)

Selain penyebab yang sudah disebutkan, sariawan bisa juga berasal dari imbas penyakit tertentu. Misalnya, radang saluran cerna, penyakit Crohn dan kolitis ulseratif, dan gangguan kekebalan tubuh.

Untuk pengobatan dokter biasanya dengan Vitamin C. Lho kekurangan vitamin B 12 kok obatnya vitamin C? Bisa saja, karena vitamin C bisa menyembuhkan luka dan meningkatkan daya tahan tubuh. (baca juga: manfaat buah Blueberry bagi kesehatan)

sariawan kecil

Pengobatan dokter tergantung hasil diagnosanya. Misalnya jika sariawan disebabkan trauma pada mulut atau bakteri, maka dapat menggunakan antiseptik Albothyl Concentrate, Isodine Gargle, Heksetidin, klorheksidin dalam bentuk obat kumur, Dekualinium yang berbentuk tablet hisap, antijamur semisal nistatin dan mikonazol, dll.

Namun perlu diketahui, apabila sariawan tidak disebabkan oleh jamur, pemberian obat tadi cenderung tidak efektif. Misalnya sariawan menyerang rutin, langganan, maka itu tanda sariawan yang yang bukan disebabkan oleh jamur. Sebaiknya hindari obat tadi. Coba obat alami.

Apa obat alami penyakit sariawan? Saya rekomendasikan Berkumur dengan air garam, yaitu berkumur dengan air hangat yang di gabung garam tiga kali sehari. Cara lain dengan memberikan irisan bawang dan pepaya pada bagian luka.

Sebagai pencegahan. Biasakan hidup sehat. Itu saja

Bagikan yah…..

Ternyata Sariawan Banyak Menyerang Wanita ! Ini Penyebab dan Cara Mengobati Sariawan. Post by: dr Lin | 4.5
Tags:, ,

Categories: Umum

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *