Flu Saat Hamil? Begini Cara Mengatasi Flu Saat Hamil

Ada banyak cara mengatasi flu saat hamil baik dengan menggunakan obat-obatan yang bebas dijual di pasaran atau menggunakan bahan-bahan alami yang bisa dibilang lebih aman. Tidak akan menyenangkan rasanya bila kita terserang flu saat kita hamil. (baca: makanan untuk ibu hamil 4 bulan)

Selama hamil, ada banyak hal yang mesti kita perhatikan termasuk dalam memperhatikan kesehatan agar tidak terkena flu atau penyakit lainnya. Mengapa? ini karena selama hamil kita tidak boleh mengkonsumsi obat-obatan secara sembarangan karena bisa saja memiliki efek yang buruk bagi janin yang kita kandung. Karena alasan itu pula, banyak wanita hamil yang menggunakan pengobatan alami yang dianggap lebih aman, tanpa efek samping, dan sekaligus bisa meredakan gejala flu yang mengganggu. (baca juga: obat batuk buat ibu hamil)

Berikut beberapa cara mengatasi flu saat hamil dengan bahan-bahan alami yang bisa kita coba terapkan.

  1. Echinacea – ini merupakan salah satu ramuan herbal yang secara efektif bisa membantu meningkatkan kekebalan tubuh sehingga bisa membantu menyingkirkan flu. Selain itu, echinacea akan menjadi pejuang yang ampuh untuk melawan kuman dan infeksi. Kita bisa mendapatkan echinachea dalam bentuk tincture yang dicampur dengan air yang kemudian kita minum 3 kali sehari sampai flu kita menghilang.
  2. Bawang putih, kayu manis, cengkeh, dan kapulaga – ini adalah sejumlah rempah-rempah dan herbal yang bisa kita masukkan dalam makanan yang kita konsumsi. Semua bahan tersebut mengandung sifat anti kuman yang akan membantu menjernihkan hidung dan membantu menghilangkan congestion. Oya, berbagai rempah dan herbal yang telah disebutkan di atas bisa kita manfaatkan bila kita tidak mengalami morning sickness atau nausea.
  3. Berkumur dengan air hangat – ini adalah salah satu cara yang bisa kita lakukan untuk menenangkan sakit tenggorokan. Campur sedikit garam pada segelas air hangat dan berkumur dengan itu. Kita juga bisa berkumur dengan menggunakan air hangat dengan jus lemon dan 1 sendok makan madu. Ini akan membantu menenangkan tenggorokan selama kita mengalami flu saat hamil.mengatasi flu saat hamil
  4. Menggunakan uap – ini merupakan salah satu cara mengatasi flu saat hamil yang bisa kita lakukan sendiri di rumah. Uap akan membantu mengurangi batuk dan chest congestion secara lebih efektif. Dan untuk meningkatkan efek dari inhalasi, kita bisa mencampur beberapa tetes minyak esensial (minyak teh, kayu putih, atau peppermint). Bila kita tidak memiliki humidifiers, kita bisa menggunakan uap dari air panas dari kamar mandi.
  5. Air asin – bilasan air asin akan membantu membersihkan saluran hidung dan sekaligus menghilangkan virus dan bakteri berbahaya dari hidung. Caranya, kita perlu mencampur 1/4 sendok teh garam, 1/4 sendok teh baking soda, dan 8 ons air hangat. Setelah itu, terapkan ke hidung dengan menggunakan neti pot dan ulangi proses tersebut beberapa kali.
  6. Perbanyak konsumsi beberapa jenis makanan seperti teh, bawang merah, mustard, wortel, sawi, hingga pisang untuk membantu melawan flu tanpa mempengaruhi kesehatan janin. (baca juga: mengobati flu secara alami)
  7. Minum banyak cairan – kita bisa mulai minum banyak cairan seperti air, sup panas, jus buah segar, teh jahe, teh peppermint, dan lainnya untuk membantu menenangkan sakit tenggorokan dan membantu menyingkirkan flu. Pastikan untuk tidak mengkonsumsi minuman yang tinggi gula karena bisa mengurangi kemampuan tubuh untuk melawan infeksi. Ini akan menjadi salah satu cara mengatasi flu saat hamil yang bisa kita terapkan tanpa adanya proses yang rumit.
  8. Tingkatkan asupan vitamin C dan mineral – ini akan membantu meningkatkan kekebalan tubuh. Namun, pastikan untuk tetap berkonsultasi dengan dokter sebelum melakukannya.
Flu Saat Hamil? Begini Cara Mengatasi Flu Saat Hamil. Post by: dr Lin | 4.5
Tags:, , , ,

Categories: Kehamilan, Umum

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *