Cara Menyembuhkan Tekanan Darah Tinggi atau Hipertensi

Saat pembuluh darah bersih mengalami peningkatan tekanan yang tidak semestinya, maka orang yang mengalami hal tersebut divonis menderita tekanan darah tinggi atau hipertensi. Sampai hari ini gejala akibat tekanan darah tinggi berbeda beda tiap kasus. Hampir bisa dipastikan untuk menentukan seorang menderita tekanan darah tinggi atau hipertensi adalah dengan jalan mengukur tekanan darah.

Perempuan lebih berpotensi terkena tekanan darah tinggi dibanding laki laki. Hipertensi menjadi penyebab kematian tertinggi di Indonesia. Selain karena faktor mudahnya seseorang terkena hipertensi, faktor lain adalah kurangnya kesadaran untuk memeriksa tekanan darah oleh dokter.

(baca: cara sederhana mengobati hipertensi)

Semua orang berpotensi terkena tekanan darah tinggi atau hipertensi, namun ada beberapa faktor yang membuka peluang lebih besar tekanan darah meningkat. Seperti; usia di atas 65 tahun, terlalu sering mengonsumsi garam secara berlebihan, obesitas, memiliki riwayat keluarga yang pernah mengalamai hipertensi, suka mengonsumsi minuman berkafein seperti kopi, dan suka minum minuman keras.

Bahaya utama dari tekanan darah tinggi atau hipertensi adalah serangan jantung. Serangan jantung yang diakibatkan kelebihan tekanan darah terjadi akibat tekanan darah ke dinding arteri yang sangat besar. Selain serangan jantung, tekanan darah tinggi atau hipertensi juga bisa menyebabkan stroke dan gagal ginjal.

(baca juga: cara mengobati asam urat)

Ukuran tekanan darah tercatat dalam tekanan sistolik dan diastolik. Tekanan sistolik adalah tekanan darah saat jantung berdetak memompa darah keluar. Sedangkan tekanan diastolik merupakan tekanan darah saat jantung tidak berkontraksi (fase relaksasi) . Saat ini darah yang baru saja dipompa keluar jantung (tekanan sistolik), berada di pembuluh arteri dan tekanan diastolik juga menunjukkan kekuatan dinding arteri menahan laju aliran darah.

tekanan-darah-tinggi-hipertensiSaat tekanan darah menunjukan 130 per 90 atau 130/90 mmHG, berarti tekanan sistolik 130 mmHg dan tekanan diastolik 90 mmHg. Angka normal tekanan darah adalah yang berada di bawah 120/80 mmHG, lebih dari itu sudah masuk pada gejala tekanan darah tinggi atau hipertensi.

Cara mengobati tekanan darah tinggi atau hipertensi

Saat penderita divonis mengalami hipertensi yang bisa menyebabkan serangan jantung, stroke dan gagal ginjal seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, maka dokter akan memberikan penanganan intensif. Mengukur tekanan darah, dan memberikan obat penurun tekanan darah.

Jika tekanan darah tinggi yang diderita belum masuk kategori berbahaya, biasa dokter menyarankan perubahan pada gaya hidup yang termasuk bagian pengobatan yang cukup ampuh. Perubahan pola hidup dalam bentuk; mengonsumsi makanan sehat, mengurangi konsumsi garam dan kafein, berhenti merokok, rajin berolahraga dengan teratur, menurunkan obesitas, dan mengurangi minuman keras.

Cara mengobati tekanan darah tinggi atau hipertensi secara alami

Sumber gambar: www.belanjaalkes.com

Sumber gambar: www.belanjaalkes.com

Selain mudah dan direkomendasikan, cara mengobati tekanan darah tinggi atau hipertensi secara alami tidak memiliki efek samping yang berbahaya bagi kesehatan tubuh. Untuk pengobatan dengan merubah gaya hidup, sudah disebutkan sebelumnya. Sedangkan untuk pengobatan alami, dapat dilakukan dengan cara:

(baca juga: makanan yang harus adadi kulkas)

Petama, ambil daun seledri, bersihkan, dan masak dengan air secukupnya. Setelah mendidih, saring air hasil rebusan daun seledri tadi, dan minum tiga kali sehari, sampai tekanan darah normal kembali.

Kedua, ambil bawang putih secukupnya lalu tumbuk halus. Rebus air putih secukupnya, setelah itu masukan tumbukan halus bawang putih tadi, aduk lalu saring. Nah, air hasil saringan tadi dikonsumsi dua kali sehari.

Ketiga, daun belimbing. Caranya ambil daun belimbing secukupnya. Rebus dengan air putih sampai mendidih. Minum hasil rebusan tadi dua kali sehari.

Tiga cara menyembuhkan tekanan darah tinggi atau hipertensi secara alami tadi, sudah dibuktikan beberapa orang. Silahkan coba salah satu diantaranya. Hindari obat kimia untuk menyembuhkan tekanan darah tinggi atau hipertensi, namun terlebih dulu untuk mengubah pola hidup sehat. Obat kimia bisa menjadi penyebab munculnya penyakit lain seperti ginjal, dan kerusakan hati.

Cara Menyembuhkan Tekanan Darah Tinggi atau Hipertensi. Post by: dr Lin | 4.5
Tags:, , , ,

Categories: Umum

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *