Cara Menyembuhkan dan Cara Mengobati Bronkitis Secara Alami

Bronkitis (Chest cold) adalah salah satu gangguan kesehatan yang diderita oleh banyak orang setiap tahunnya. Gangguan penyakit ini disebabkan oleh peradangan pada saluran bronkial di paru-paru dan mempengaruhi saluran pernapasan bagian bawah.

Bronkitis bisa menyebabkan beberapa hal yang tidak menyenangkan bagi penderitanya mulai dari sakit kepala ringan, sakit tenggorokan, nyeri otot, nyeri dada, batuk dengan lendir, demam ringan, mengi, hingga kelelahan konstan. (baca: cara menyembuhkan sakit tenggorokan)

Penyakit ini seringkali disebabkan oleh virus sehingga pemberian antibiotik akan cenderung sia-sia. Walaupun demikian, ada beberapa ara mengobati bronchitis secara alami yang bisa kita terapkan untuk membantu mengurangi gejala yang muncul. (baca: cara menyembuhkan robekan kerongkongan)bronkitis

  1. Steam (penguapan) – banyak orang memilih untuk menggunakan uap sebagai salah satu cara mengobati bronkitis secara alami karena bisa membantu menyingkirkan sesak nafas dan tekanan di dada dalam waktu yang lebih cepat. Kita bisa menghirup uap dari humidifier atau vaporizer atau menghirup uap dari air panas yang ditempatkan di mangkuk yang sebelumnya diberi beberapa tetesan minyak. Udara yang panas dan lembab yang kita hirup akan membantu membersihkan lendir dan memudahkan bagi kita untuk mengeluarkannya dengan cepat. Kita juga bisa mencelupkan kain di air panas, peras, dan letakkan di dada dan tenggorokan untuk mendapatkan hasil yang sama. Oya, bila kita menggunakan humidifier, pastikan untuk membersihkannya secara teratur karena rentan menyimpan sejuta bakteri bila tidak dibersihkan.
  2. Perasan Jeruk Nipis – dengan mengkonsumsi perasan jeruk nipis, maka ini akan membantu meringankan bronkitis karena perasan atau air jeruk nipis akan membilas bersih dahak dari sistem sekaligus menjaga kita dari dehidrasi. Yup, bila kita menderita bronkitis, menjaga agar tubuh selalu terhidrasi dengan cairan dalam jumlah yang cukup adalah penting. Ada banyak sumber cairan yang bisa kita manfaatkan termasuk air jeruk nipis, mentimun, semangka, dan lainnya. Namun, pastikan tidak mengkonsumsi minuman berkafein seperti kopi dan teh. Kurangi pula konsumsi alkohol dan minuman manis lain karena bisa menyebabkan dehidrasi.
  3. Air garam – ini adalah salah satu cara mengobati bronchitis secara alami yang paling umum ditemukan. Kita bisa menggunakan air garam untuk berkumur. Larutkan setengah sendok teh garam dengan 8 ons air hangat, aduk rata, dan gunakan untuk berkumur. Air garam akan membantu mengurangi rasa gatal di tenggorokan dan sekaligus menyapu lendir yang ada di dalamnya. Lakukan proses berkumur dengan air garam tersebut setiap 3-4 jam sekali untuk meringankan sakit tenggorokan.
  4. Vapor rub – kita bisa mendapatkan vapor rub di hampir semua apotek dan toko obat lokal. Ini akan membantu mengurangi tekanan pada dada dan meringankan batuk serta gejala flu dimana kita bisa dengan mudah menggosokkannya di dada.
  5. Teh herbal – kita bisa memilih untuk mengkonsumsi chamomile (kamomil) atau thyme (timi) yang merupakan salah satu dari beberapa bahan alami untuk mengobati bronkitis. Untuk menerapkannya, kita bisa menempatkan 2 sendok makan thyme segar kedalam secangkir kecil air mendidih dan minum selagi panas. Thyme akan membantu membuat paru-paru menjadi rileks. Kita juga bisa menggunakan echinacea untuk menenangkan sakit tenggorokan dan sekaligus meningkatkan kemampuan tubuh untuk melawan infeksi. Untuk menerapkannya, kita bisa menuangkan beberapa tetes echinacea dalam teh.
Cara Menyembuhkan dan Cara Mengobati Bronkitis Secara Alami. Post by: dr Lin | 4.5
Tags:, , ,

Categories: Umum

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *