Kolesterol? Jangan Kawatir. Begini Cara Menurunkan Kadar Kolesterol. Mudah !

Kolesterol tinggi ? jangan !. Rendah juga jangan. Kadar kolesterol dalam tubuh harus stabil. Tinggi rendahnya kolesterol mengakibatkan munculnya penyakit baru. Misalnya kolesterol tinggi menyebabkan stroke. Kolesterol rendah di bawah 160 mg / dL dapat mengakibatkan kanker dan depresi

Kolesterol sangat rentan bagi wanita yang sudah menopause. Siklus haid yang menciptakan estrogenlah yang membantu menjaga kadar kolesterol dalam tubuh. Artinya, jika wanita sudah tidak haidh lagi, atu sudah menopouse, maka kadar estrogen akan turun, otomatis membuat kolesterol jahat meningkat tajam.

Penyebab kolesterol tinggi adalah lemak. Meski dibutuhkan tubuh, namun dokter gizi menyarankan bahwa total asupan lemak harus berada di mana saja antara 15 – 30 persen dari total kalori. Lebih dari itu memancing kolesterol meningkat tajam.

Meski ada banyak tanda seorang menderita kolesterol tinggi, seperti benjolan merah muncul pada tubuh, namun mengetahui tinggi rendahnya kadar kolesterol yang paling signifikan adalah melalui pemeriksaan dokter. (baca : cara mengobati asam urat. Simpel!)

Cara yang paling baik menurunkan kolesterol adalah berolahraga. Berolahraga selama 40 menit sampai 60 menit setiap hari, akan dapat menurunkan 5 sampai 10% dari kolesterol LDL. sekaligus meningkatkan kolesterol HDL 3 sampai 6%.

Sebelum Anda terkena kolesterol, biasakan hidup sehat. Menurunkan kadar kolesterol dapat dicegah dengan menghindari hal berikut;

KoleterolPertama, menghindari Rokok. Tidak hanya menyebabkan kolesterol jahat mengganggu tubuh, rokok juga bisa menurunkan tekanan darah yang beresiko dibarengi serangan jantung.

Kedua, menjauhi mengkonsumsi alkohol Berlebihan. Alkohol dapat memancing tekanan darah tinggi. Memacu kadar kolesterol, serangan jantung dan stroke.

Ketiga, berolahraga. Tak perlu lama untuk badan sehat dengan berolahraga. Cukup 30 menit setiap hari asalkan rutin. Banyak penyakit yang bisa dicegah dengan olahraga termasuk olahraga dapat menstabilkan kadar kolesterol.

Keempat, menjauhi obesitas. Caranya tentu menurunkan berat badan. Menurunkan berat badan berhubungan dengan lemak dan gaya hidup teratur. Jika sudah terlanjur berat badan tinggi, turunkan dengan olahraga dan berpuasa.

Sebenarnya cara menurunkan kadar kolesterol seperti yang disebutkan di atas, terbilang mudah. Hanya saja, kita kadang lalai untuk melakukannya. Terutama olahraga. Lakukan setiap saat. Terbiasa berolahraga, berarti telah membuat benteng pertahanan besar dalam tubuh.

Kolesterol? Jangan Kawatir. Begini Cara Menurunkan Kadar Kolesterol. Mudah !. Post by: dr Lin | 4.5

Categories: Umum

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *