Ini Cara Mengobati Batuk pada Anak Secara Alami

Ada sejumlah alasan yang melatarbelakangi anak-anak sering mengalami batuk. Gangguan kesehatan seperti flu bisa membuat mereka mengalami batuk, makan makanan yang berminyak, hingga menghabiskan waktu untuk bermain hujan saat kondisi tubuh tidak fit bisa memicu batuk pada anak. (baca: cara menyembuhkan robek pada kerongkongan)

Mengkonsumsi obat-obatan untuk batuk menjadi pilihan beberapa orang tua, namun tidak sedikit yang memilih untuk menggunakan cara mengobati batuk pada anak secara alami. Yang paling penting adalah jauhkan anak-anak dari semua hal yang bisa memicu terjadinya batuk. Mencegah adalah hal yang lebih utama ketimbang mengobati. Konsumsi banyak cairan dan makan makanan penuh gizi juga akan membantu menjauhkan anak-anak dari berbagai gangguan kesehatan, termasuk batuk. (baca juga: obat batuk untuk ibu hamil)

Bila ternyata anak kita terserang batuk, maka berikut beberapa cara mengobati batuk pada anak secara alami yang bisa kita lakukan di rumah.

  1. Susu dan kunyit – kita bisa mencoba untuk mengkombinasikan susu dan sedikit bubuk kunyit untuk dicampur dan digunakan untuk menjauhkan anak dari batuk.
  2. Madu – ini merupakan pengobatan alami yang bisa digunakan untuk mengobati batuk pada anak-anak. Perhatikan usia anak saat kita menjadikan madu sebagai pengobatan alami terhadap batuk. Untuk anak usia di bawah 1 tahun, pastikan untuk tidak memberikan madu untuk alasan apapun. Untuk anak usia 2 hingga 5 tahun, kita bisa memberikan 1/2 sendok teh madu untuk meringankan batuk. Untuk anak usia 12 tahun ke atas, kita bisa memberikan 2 sendok teh madu. Kita juga bisa mengkombinasikan madu dengan bahan lainnya seperti jus lemon segar. Caranya, ambil 1 sendok teh madu dan jus lemon yang ditambahkan dalam secangkir air hangat. Konsumsi ramuan ini 2-3 kali sehari untuk meredakan batu pada anak. Kombinasi lainnya dari madu adalah dengan cuka sari apel. Caranya adalah ambil 1 sendok makan madu, 1 sendok makan cuka sari apel, 1/4 sendok teh jahe, 1/4 sendok teh cayenne pepper, dan 2 sendok makan air. Campur semuanya dan berikan pada anak untuk membantu mengurangi batuk. Ini akan menjadi salah satu cara mengobati batuk pada anak secara alami yang efektif yang bisa dilakukan.batuk pada anak
  3. Bawang – kita bisa menggunakan bawang sebagai salah satu bahan alami untuk mengobati batuk pada anak. Cara pembuatan ramuannya adalah dengan memarut 1-3 siung bawang putih, tambahkan madu dan jus lemon, campur dalam botol kaca, tutup, dan masukkan dalam lemari es. Ramuan ini bisa diberikan saat anak-anak batuk dengan takaran 1 sendok teh. Batuk pun akan segera berhenti. Kita juga bisa menggunakan bawang merah yang direbus dalam air, ambil sarinya dan campur dengan madu dalam jumlah yang sama. Konsumsi ramuan tersebut 1 sendok teh 2 kali sehari dan lihat bagaimana perubahannya.
  4. Menghirup uap akan membantu meringankan batuk, terutama yang disebabkan oleh batuk kering karena terbukti mampu menenangkan iritasi pada hidung. Tambahkan beberapa tes minyak esensial dalam air panas dan biarkan anak duduk di bak mandi selama beberapa menit untuk menghirup uap yang dihasilkan.
Ini Cara Mengobati Batuk pada Anak Secara Alami. Post by: dr Lin | 4.5
Tags:, , ,

Categories: Kerongkongan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *