Cara Menyembuhkan Robekan Pada Kerongkongan

Robekan pada kerongkongan diistilahkan dengan Sindroma Mallory-Weiss. Penyalit ini berbentuk luka robek (lecet) pada bagian bawah kerongkongan dan bagian atas lambung selama muntah-muntah atau cegukan yang sangat kuat.

Gejala awal biasanya berupa perdarahan karena pecahnya arteri. Sindroma Mallory-Weiss adalah penyebab dari 5% perdarahan di saluran pencernaan atas.

Diagnosis ditegakkan dengan melakukan pemeriksaan esofagoskopi atau arteriografi. Luka robek (lecet) tidak dapat dideteksi dengan foto rontgen biasa.

Kebanyakan pendarahan berhenti dengan sendirinya, namun kadang-kadang perlu dilakukan pengikatan arteri yang pecah melalui pembedahan. Pendarahan juga bisa dikendalikan dengan menyuntikkan vasopresin pada saat melakukan arteriografi.

Kerongkongan bisa pecah selama tindakan endoskopi atau prosedur lainnya dimana ada alat yang dimasukkan. Beberapa kasus pecahnya kerongkongan memiliki resiko kematian yang tinggi. Pecah kerongkongan biasanya disebabkan oleh muntah dan kadang juga bisa disebabkan karena mengangkat beban berat atau mengedan selama buang air besar.

Pecah kerongkongan menyebabkan peradangan jaringan dada di luar kerongkongan dan memungkinkan cairan masuk ke ruangan di antara pleura yang membungkus paru-paru (efusi pleura). Dilakukan pembedahan segera untuk memperbaiki kerongkongan dan mengeluarkan cairan yang terkumpul.

CARA MENYEMBUHKAN

Dalam kebanyakan kasus robekan pada kerongkongan atau sindrom Mallory-Weiss tidak memerlukan pengobatan, menghentikan pendarahan dengan sendirinya. Jika mereka tidak berhenti ess perlu:

  1. Epinefrin injeksi endoskopi (efek vasokonstriktor epinefrin)
  2. Dengan cara endoskopi dapat melanjutkan koagulasi termal dari pembuluh darah.
  3. Injeksi vasopressin
  4. Koagulasi pembuluh darah dengan argon laser yang
  5. Arteri ligasi dengan endoskopi
  6. Tekanan Kliping.

robekan pada kerongkongan

Dalam kasus di mana kondisi tersebut dapat diperbaiki jika perlu dengan endoskopi operasi.

Sedangkan untuk pengobatan dapat menggunakan Antasida – inhibitor Proton, Antihistamin, Sukralfat pelindung lapisan yang membuat lapisan pelindung untuk lapisan, sebagai penghalang terhadap asam, dan Antimuntah proklorperazin.

Lebih bagus lagi dengan melakukan pencegahan sebelumnya. Berhenti konsumsi alkohol, menghindari berlebihan tegang dan mengangkat dan menghindari batuk kekerasan.

 

Cara Menyembuhkan Robekan Pada Kerongkongan. Post by: dr Lin | 4.5
Tags:,

Categories: Kerongkongan