Cara Menyembuhkan Cegukan ala Dokter dan Secara Alami

Cegukan adalah kondisi dimana penderita mengeluarkan suara “huk, hik, atau ehg”, akibat kontraksi saluran pernapasan yang mengakibatkan pita suara tertutup. Cegukan tidak berlangsung lama, kecuali yang membahayakan. Cegukan yang berpotensi berbahaya, yaitu jika cegukan sudah berlangsung lebih dari dua hari tanpa henti.

Cegukan dengan suara khas itu umumnya disebabkan beberapa hal, seperti setelah minum minuman terlalu panas, minuman bersoda, beralkohol, memakan makanan terlalu peda, dll. Sebab cegukan itupun dibarengi dengan gejala medis sebelumnya, misalnya penderita cegukan mengalami gangguan metabolisme, gangguan saraf vagus, gangguan pernapasan, dan gangguan pencernaan. Terkadang juga cegukan terjadi akibat kelebihan obat obatan kemoterapi dan obat bius.

(baca: cara menyembuhkan bronkhitis)

Disarankan agar segera berkonsultasi dengan dokter apabila cegukan berlangsung lebih dari dua hari tanpa henti.

Cara Menyembuhkan Cegukan

Dokter akan melakukan diagnosa terkait cegukan yang dialami penderita. Diagnosa dengan berbagai variannya seperti, pemeriksaan selang kecil atau endeskopi, pemeriksaan jantung karena dikawatirkan cegukan terkait dengan optimalisasi jantung, pemeriksaan pencernaan, dan pemeriksaan darah.

(baca: cara menyembuhkan tekanan darah tinggi)

Jika cegukan disebabkan oleh konsumsi obat obatan berlebihan, maka cegukan akan berhenti dengan sendirinya. Penderita cukup telungkup dengan menekankan dada ke lantai, mengecap cuka, menahan napas dalam waktu yang relatif singkat, atau meminum air perasan jeruk.

Namun jika hasil diagnosis dokter menemukan indikasi cegukan tanpa diketahui penyebab pasti cegukan itu, maka dokter biasanya akan memberikan obat sejenis Gabapentin, Metoclopramide, Baclofen, dll.

Ilustrasi cegukan

Ilustrasi cegukan

Cara menyembuhkan cegukan secara alami

Pengobatan cegukan secara alami lebih direkomendasikan. Selain alami, cara menyembuhkan cegukan secara alami tidak memerlukan biaya alias gratis. Berikut caranya;

Pertama, biasakan minum air putih lebih banyak dari biasanya. Minum air putih merupakan cara paling mudah dan sederhana dalam menghilangkan cegukan.

Kedua, tarik nafas dalam dalam selama 10 menit sampai cegukan benar-benar hilang. Banyak orang yang berhasil menghilangkan cegukan dengan cara ini, dan biasanya berhasil dalam kurun waktu kurang dari 10 menit.

Ketiga, menelan gula merah atau gula pasir. Caranya terbilang mudah, ambil satu sendok makan gula, lalu masukan ke dalam mulut. Jangan dulu ditelan gula tersebut, namun harus dicairkan dulu di lidah.

Keempat, dengan menggunakan daun kelapa kering, ambil seculi daun kelapa kering, lalu basahi air ludah. Tempel di pelipis kiri dan kanan. Cara ini alami dan paling unik menyembuhkan cegukan, tapi terbukti ampuh.

Cara Menyembuhkan Cegukan ala Dokter dan Secara Alami. Post by: dr Lin | 4.5
Tags:,

Categories: Kerongkongan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *