Sakit Kepala Cluster dan Cara Menyembuhkannya

Jika Anda, keluarga, teman atau ada yang sudah berusia 30 tahun, lalu mengalami sakit kepala, maka kemungkinan itu adalah sakit kepasla Cluster. Sakit Kepala Cluster adalah jenis sakit kepala migren yang jarang terjadi (baca: sakit kepala migren). Efeknya dirsakan berupa nyeri yang luar biasa, dan paling sering menyerang pria diatas 30 tahun.

PENYEBAB

Penyebab pasti terjadinya sakit kepala cluster belum diketahui. Tampaknya adanya gangguan di hipotalamus berperan dalam terjadinya sakit kepala cluster. Serangan sakit kepala tipe ini terjadi secara teratur dalam 24 jam dan biasanya mengikuti musim dalam setahun. Pola ini mengacu pada keterkaitan dengan jam biologis tubuh. Pada manusia, jam biologis tubuh berkaitan dengan fungsi hipotalamus. Penelitian mendeteksi adanya peningkatan aktivitas hipotalamus saat terjadi sakit kepala cluster.

Jika periode sakit kepala cluster dimulai, maka adanya faktor tertentu (misalnya pemakaian alkohol atau obat-obatan tertentu, seperti nitrogliserin) dapat memicu terjadinya sakit kepala yang berat. Untuk itu pada orang-orang dengan sakit kepala cluster perlu menghindari konsumsi alkohol selama periode sakit kepala cluster.

CARA MENYEMBUHKAN

Karena penyebabnya tidak diketahui, mengobati sakit kepala cluster juga tidak diketahui. Siap yang terkena, tidak dapat mencegah kejadian pertamanya. Namun sakit kepala seperti ini bisa dihindari dengan strategi pencegahan krusial untuk mengatur sakit kepala cluster karena memperlakukannya dengan obat-obatan akut sama saja tidak berguna.

Pencegahan dapat menolong mengurangi risiko dan tingkat keparahan serangan dan risiko peningkatan sakit kepala. Pencegahan dengan pengobatan medis dapat juga meningkatkan efektifitas pengobatan medis akut. Sebagai tambahan, anda dapat mengurangi risiko terkena serangan dengan menghindari nikotin dan alkohol, yang sering mempercepat sakit kepala cluster.sakit_kepala2

Sakit Kepala Cluster dan Cara Menyembuhkannya. Post by: dr Lin | 4.5
Tags:,

Categories: Kepala