Pusing, Mual, Pening? Jangan Diabaikan! Bisa Jadi Itu Vertigo. Berikut Cara Mengobati Vertigo

Banyak penderita pusing, mabuk, mual, dan muntah saat dalam perjalanan tidak menyangka kalau penyakit yang menyerangnya adalah Vertigo. Vertigo kadang dianggap penyakit biasa karena efek vertigo adalah sekeliling terasa berputar (pusing). Pada kondisi vertigo ringan, pusing yang diderita masih bisa dikendalikan. Namun pada vertigo berat, rasa pusing akan berulang dan bisa membuat penderita terjatuh. (baca juga: cara menyembuhkan penyakit amnesia)

Berbeda dengan penyakit kepala lainnya, vertigo disebabkan gangguan mekanisme keseimbangan yang terletak di telinga bagian dalam. Gangguan mekanisme tersebut bisa dikarenakan penyakit lainnya seperti; Migrain (baca: cara mengobati migrain/ penyakit kepala sebelah), Vestibular Neuritis, dan penyakit Meniere. Namun demikian, ternyata ada pula vertigo yang disebabkan oleh gangguan pada bagian otak. Tandanya jika diawali demam tinggi bersamaan dengan tinnitus, dan kehilangan pendengaran sementara.

Jadi jika pusing dalam waktu lama, segera perikasakan ke dokter, karena dikawatirkan itu adalah vertigo. Dokter akan mendiagnosa sejauh mana vertigo yang diderita. Misalnya kasus vertigo karena vestibular neuritis (jenis infeksi telinga akibat virus), akan sembuh tanpa pengobatan. Berbeda engan vertigo karena penyakit Meniere, maka kondisinya akan berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun. Untuk vertigo ringan biasanya akan diberikan obat semacam Prochlorperazine dan Antihistamin. (baca juga: penyakit aneh mirip pikun)

vertigoUntuk pengobatan alami, dapat menggunakan bahan alami yang ada di sekitar kita. Seperti dengan banyak mengkonsumsi Lada, Lemon, Amla. Dna untuk kondisi serangan vertigo mendadak, segeralah duduk agar perasaan lebih tenang, letakan bantal dalam posisi lebih di atas dari pada bagian tubuh lain. Rilekskan kepala dengan menggerakan sedikit demi sediki, jangan mendongak, berjongkok, atau membungkuk.

Gimana? Mudah bukan? Share agar bermanfaat buat yang lain…

Pusing, Mual, Pening? Jangan Diabaikan! Bisa Jadi Itu Vertigo. Berikut Cara Mengobati Vertigo. Post by: dr Lin | 4.5
Tags:, , ,

Categories: Kepala

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *