Migrain atau Penyakit Kepala Sebelah. Jangan Diabaikan! Ini Cara mengobati Migrain

Sakit kepala sebagian, dan sakit kepala sebelah adalah istilah lain dari migrain. Yaitu kondisi sakit pada sebagian kepala. Migrain datang tidak rutin. Ada yang hanya sekali dalam beberapa tahun, namun ada pula berkali kali dalam seminggu. WHO merilis bahwa migrain menyerang lebih banyak pada wanita, dan menyerang pada usia 18 tahun ke atas. (baca juga: Penyakit Vertigo akibat migrain)

Migrain secara garis besar dapat dibagi menjadi dua bagian besar. Pertama, migrain tanpa aura (tanda), yaitu migrain yang datang tanpa tanda. Sakit datang dengan tiba tiba. Migrain seperti ini yang paling sering diderita banyak orang. Kedua migrain dengan aura, yaitu migrain yang datang dengan tanda sebelum sakit kepala datang. Seperti kaku pada leher, pundak, dan anggota tubuh lainnya. Meski jarang, namun tak sedikit penderita migrain dimulai dengan tanda sebelum sakit.

Penyebab pentakit migrain masih belum diketahui secara pasti. Namun, karena menyerang wanita  pada umumnya, maka kemungkinan besar dipengaruhi hormon yang tidak normal. Perubahan hormon saat menstruasi misalnya. Beberapa ahli medis menemukan bahwa migrain juga disebabkan faktor genetika, konsumis asam amino berlebihan sehingga terjadi perubahan sementara pada zat kimia dalam otak dan pembuluh darah penderita.

Untuk pengobatan medis, disarankan membawa ke dokter untuk diagnosa secara mendalam. Biasanya penderita migrain akan diberikan obat anti-muntah yang digunakan untuk mengurangi rasa mual dan muntah, obat pereda rasa (parasetamol, aspirin, ibuprofen, asetaminofen), Triptan (peredam perubahan zat kimia  dalam otak yang menjadi penyebab migrain).

migrain_Cartoonized

Selain pengobatan medis, cara menyembuhkan penyakit migrain, dapat pula dengan pengobatan alami. Diantaranya; meminum teh jahe yang hangat secara rutin, terapi pijat di bagian pelipis dan kaki, konsumsi kafein seperti yang ada dalam kopi, hidroterapi yaitu merendam kaki ke dalam air hangat saat malam hari. (baca juga: bahaya amnesia, ini cara mengobatinya)

Demikian penyakit migrain, penyebab dan cara pengobatannya, baik pengobatan medis maupun pengobatan alami. Harap sebarkan artikel ini agar juga bermanfaat bagi yang lain.

Migrain atau Penyakit Kepala Sebelah. Jangan Diabaikan! Ini Cara mengobati Migrain. Post by: dr Lin | 4.5
Tags:, , ,

Categories: Kepala

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *