Mengenal Sakit Kepala dan Cara Agar Cepat Sembuh

Sakit kepala merupakan rasa nyeri yang timbul di area manapun di kepala. Sakit kepala dapat timbul pada satu sisi maupun kedua sisi kepala, dapat terlokalisir pada area tertentu, atau menyebar ke area lain di kepala. Sakit kepala dapat terasa sebagai nyeri yang tajam, rasa berdenyut, atau nyeri yang tumpul. Sakit kepala dapat muncul secara perlahan-lahan atau tiba-tiba, dan dapat terjadi sebentar, kurang dari satu jam, atau dapat menetap selama beberapa hari.

Sakit kepala merupakan masalah kesehatan yang sering terjadi. Beberapa orang sering mengalami sakit kepala, sedangkan yang lainnya mungkin hampir tidak pernah merasakan sakit kepala.

gambar_sakit_kepalaSakit kepala menahun dan sakit kepala berulang bisa terasa sangat nyeri dan mengganggu, tetapi tidak banyak sakit kepala yang merupakan suatu keadaan kesehatan yang serius. Perubahan pada pola atau sumber sakit kepala (misalnya dari jarang menjadi sering, sebelumnya ringan sekarang menjadi berat) bisa merupakan pertanda yang serius dan memerlukan tindakan medis segera.

Penyebab Sakit Kepala

Sebagian besar sakit kepala berupa ketegangan otot, migren atau nyeri kepala tanpa penyebab yang jelas (baca: sakit kepala migren, dan cara cepat sembuh). Sakit kepala banyak yang berhubungan dengan adanya kelainan di mata, hidung, tenggorokan, gigi dan telinga. Terkadang tekanan darah tinggi bisa menyebabkan perasaan berdenyut di kepala, tetapi tekanan darah tinggi jarang menimbulkan sakit kepala menahun.

Biasanya dokter bisa menentukan penyebab sakit kepala dari riwayat kesehatan penderita dan hasil pemeriksaan fisik. Terkadang perlu dilakukan pemeriksaan darah untuk menentukan penyebabnya. Pungsi lumbal (pengambilan sejumlah kecil cairan dari kolumna spinalis untuk diperiksa dibawah mikroskop) dilakukan jika diduga penyebabnya adalah suatu infeksi (misalnya meningitis).

poto_sakit_kepalaHanya sebagian kecil sakit kepala yang disebabkan oleh tumor otak, cedera otak atau berkurangnya oksigen ke otak. Jika diduga suatu tumor, stroke atau kelainan otak lainnya, maka perlu dilakukan pemeriksaan CT scan atau MRI.

Cara Menyembuhkan Sakit Kepala

Cara mengobati sakit kepala bisa dengan air hangat, air dingin, dan istirahat yang cukup. Bisa juga relaksasi dengan memijit di sekitar area kepala atau di bawah mata.

Mengenal Sakit Kepala dan Cara Agar Cepat Sembuh. Post by: dr Lin | 4.5
Tags:, ,

Categories: Kepala