Isteri Hamil Jangan Sampai Sakit, Ini Cara Mengobati Masuk Angin Saat Hamil

Masuk angin saat hamil merupakan gangguan kesehatan ibu hamil yang bersifat ringan.Akan tetapi bila masuk angin saat hamil hanya dibiarkan tanpa diobati akan mengganggu ibu maupun janin dalam kandungan. (baca: tips mengatasi sakit pinggang saat hamil)

Pengobatan masuk angin saat hamil tentu akan berbeda dari yang tidak hamil. Ibu hamil yang mengalami gangguan masuk angin dilarang untuk minum obat tanpa resep dari dokter. Karena akan membahayakan kesehatan janin dan juga ibu. Gejala masuk angin yang sering dialami oleh ibu hamil yaitu perut kembung, badan dingin, mual dan gelaja masuk angin umum lainnya.

Cara Mengobati Masuk Angin Saat Hamil

o Wedang Sari Jahe

Wedang jahe hangat akan menambah stamina ibu hamil. Wedang jahe yang dikonsumsi ibu hamil saat sedang masuk angin sangat baik karena dibuat dengan menggunakan bahan alami Anda bisa membuat sendiri wedang jahe dengan merebut jahe yang sudah dibakar.Tambahkan sedikit madu agar wedang jahe semakin nikmat.Wedang jahe ini bisa diminum walaupun anda sedang tidak masuk angin.

o Oleskan Minyak Hangat

Untuk pengobatan dengan menggunakan minyak hangat bisa dilakukan dengan caramengoleskan sedikit minyak kayu putih atau minyak telon pada punggung. Tujuannya adalah untuk memberikan rasa hangat pada ibu hamil yang sedang masuk angin.

o Teh Panas / Hangat

Selain wedang jahe hangat, anda juga bisa menyantap teh hangat untuk menangani masuk angin saat hamil.Akan baik jika menggunakan teh seduh. Karena teh seduh akan lebih berkhasiat dibandingan dengan teh celup. Pilihan menu teh yang bisa anda pilih yaitu teh manis hangat ataupun teh mint.

o Makan Soup Hangat

Alternatif lain yang bisa digunakan untuk mengatasi masuk angin saat hamil ialah dengan makan soup hangat. Soup yang terdiri dari berbagai jenis sayuran bergizi ini akan sangat bermanfaat bagi ibu hamil yang sedang masuk angin. Perbanyak sayuran, jika anda termasuk orang yang menyukai bawang putih.Maka perbanyaklah bawang putih pada soup yang anda buat.Selain bawang putih juga tambahkan sedikit merica.Merica dan bawang putihakan memberikan efek hangat pada tubuh dan ampuh untuk mengobati masuk angin anda.

o Istirahat

Mengobati masuk angin saat hamil juga bisa dilakukan dengan tidur menggunakan selimut dan beralas kasur.Saat anda tidur, posisikan badan pada posisinya benar –benar nyaman dan hangat.Anda juga dianjurkan untuk memakai baju atau pakaian hangat. Saat masuk angin, badan akan terasa dingin. Oleh karena itu gunakan pakaian hangat seperti jaket atau sweater.

Jadi pada intinya, cara mengatasi masuk angin saat hamil adalah dengan membuat badan menjadi hangat. Namun apabila masuk angin yang anda alami tidak kunjung sembuh.Kunjungilah dokter untuk mendapatkan pengobatan yang lebih intensif.

Isteri Hamil Jangan Sampai Sakit, Ini Cara Mengobati Masuk Angin Saat Hamil. Post by: dr Lin | 4.5
Tags:, , ,

Categories: Kehamilan, Kepala

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *